Oleh : Nasywa Lalita Azzahra
Perubahan merupakan suatu yang pasti terjadi. Manusia, pastinya mengalami perubahan sikap, perilaku, maupun kebiasaan. Begitu pun dalam kehidupan ini.
Berjalannya waktu, banyak kemajuan ataupun perubahan yang dapat kita rasakan terutama di era modern seperti saat ini. Termasuk cara baru mempromosikan jualan atau iklan.
Iklan adalah sebuah sarana untuk mempromosikan atau memperkenalkan suatu barang/jasa kepada orang lain. Dahulu, iklan pada umumnya ditampilkan dalam televisi, radio, koran, banner di jalanan.Semakin majunya teknologi banyak cara baru dalam beriklan.
Sekarang sudah semakin banyak memanfaatkan memasang iklan di youtube. Alasannya, peminat youtube lebih banyak dari TV. Sudah banyak iklan dilakukan secara halus yaitu secara tersirat salah satunya dengan jasa Endorsement.
Endorsement adalah kesepakatan atau kerja sama dua pihak biasanya dengan influencer yang memiliki pengikut banyak. Tujuannya, diharapkan dapat mempengaruhi orang lain membeli dan menggunakan produk/jasa yang ditawarkan.
Awalnya, Endorsement ini dibuka oleh selebriti instagram atau dikenal selebgram. Mereka adalah pengguna instagram yang dengan keunikannya bisa menarik banyak perhatian pengguna lain untuk mengikuti akun instagram.