Menu

Mode Gelap
Restu Prabowo untuk Andra-Dimyati di Pilgub Banten Ketua Harian DPP Gerindra Unggah Pasangan Andra-Dimyati untuk Pilgub Banten  KPU Tetapkan Tiga Paslon Capres dan Cawapres Pemilu 2024 Kemeriahan Puncak Dies Natalis UPG ke-3, Dihadiri Artis hingga Pejabat Daerah  Politikus Gerindra Desmond J Mahesa Meninggal Dunia

Opini · 19 Mar 2022 13:47 WIB ·

Pembukaan IPU Ke–144: Indonesia Siap Gelar Even Internasional


 Pembukaan IPU Ke–144: Indonesia Siap Gelar Even Internasional Perbesar

Oleh Marie Apituley

Kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah sidang Inter-Parliamentary Union (IPU) Assembly & Related Meetings ke – 144, membuktikan bahwa Indonesia sudah sangat siap menggelar beragam even internasional lainnya.
IPU ke -144 yang digelar di Nusa Dua Bali selama 5 hari, yakni 20 – 24 Maret 2022, mempertemukan parlemen-parlemen sedunia.

Direktur Eksekutif Indonesia Public Institute Karyono Wibowo menyebut ini merupakan kesempatan yang harus dimanfatkan dengan baik untuk membawa nama Indonesia, menunjukkan keberhasilan Indonesia dalam menangani pandemi, upaya pemulihan ekonomi dan pariwisata Indonesia.

Dalam sebuah kesempatan, Ketua DPR RI Puan Maharani menjelaskan bahwa penyelenggaraan IPU ke-144 digelar di tengah pandemi Covid-19 dan dinamika global yang berubah secara cepat menjadi kesempatan parlemen-parlemen di dunia untuk membahas berbagai isu global mewakili keprihatinan bersama masyarakat internasional.

Hadirnya Covid-19 ini, tidak juga menghindari terjadinya beragam persoalan politik dan sosial dunia. Permasalahan ekonomi, isu perubahan iklim, konflik antar negara tetap tidak terhindarkan. Sejak 2 tahun terakhir, dunia disibukkan dengan pandemi Covid-19 yang dengan cepat menyebar dan hingga saat ini terus menerus mengami mutasi menjadi Corona jenis baru. Peristiwa tersebut sangat berdampak pada kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat global, tak terkecuali masyarakat Indonesia.

Banyak negara menutup pintu masuk bagi negara lainnya, bahkan menerapkan status lockdown, untuk mengantisipasi peningkatan kasus Covid-19. Hal ini tentu saja memukul sektor ekonomi masyarakat, termasuk sektor pariwisata.

Pemerintah Indonesia melakukan berbagai upaya untuk mengakhiri pandemi Covid-19. Kolaborasi dan kerjasama semua elemen masyarakat juga turut membantu pemulihan Indonesia, sehingga dengan bertahap, Indonesia mulai bangkit lagi, roda perekonomian mulai berjalan, kehidupan sosial masyarakat berangsur normal bahkan bisa menerima new normal sebagai bagian dalam beraktivitas. Upaya tidak membohongi hasil, Indonesia siap menggelar even baik nasional maupun yang berstandar internasional.

BACA JUGA   Puasa Ramadhan; Instrumen Menuju Takwa

Saat mengikuti rapat Executive Committee (Excom) IPU di Bali International Conference Nusa Dua, Bali, Puan menuturkan bahwa dalam sidang IPU akan membahas berbagai tantangan global saat ini dan bagaimana parlemen-parlemen di dunia berkontribusi mencari solusi terhadap tantangan tersebut.
Bertemunya parlemen-parlemen dari seluruh dunia di Bali, membuka kesempatan bagi Indonesia untuk berkontribusi dan menunjukkan komitmen dalam mengatasi permasalahan isu global di tengah pandemi Covid-19. Apalagi, pandemi Covid-19 di Indonesia sudah terkendali dengan baik.

Sebelumnya, Ketua DPR RI perempuan pertama di Indonesia menyebut, isu perubahan iklim, diambil sebagai tema besar yang akan dibahas dalam sidang IPU dikarenakan menyangkut kelangsungan hidup dan keselamatan dunia.

IPU ke -144 merupakan ajang internasional pertama yang digelar di Indonesia. Berbagai persiapan telah dilakukan sebaik mungkin untuk mengangkat nama baik Indonesia dan menampilkan citra positif Indonesia sebagai negara yang aman dan indah. (*)

Pengamat Ekonomi Politik / Program Director Salah Satu Radio Komunitas Indonesia Timur

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

DPUPR Banten Perbaiki Jalan di Ruas Pakupatan-Palima

19 Juni 2024 - 13:48 WIB

DPUPR Provinsi Banten Perbaiki Saluran Drainase di Ruas Jalan Palima-Pasar Teneng

30 April 2024 - 17:09 WIB

Peran Penting Pendidikan dalam Mencegah Radikalisme pada Generasi Muda

27 Januari 2024 - 16:49 WIB

Mewaspadai Politik Uang Digital Selama Pemilu

26 Januari 2024 - 19:24 WIB

UU Ciptaker Meningkatkan Perekonomian Nasional

25 Januari 2024 - 14:51 WIB

Teknologi Canggih untuk Pantau Hasil Hitung Pemilu

20 Januari 2024 - 16:08 WIB

Trending di Opini