Menu

Mode Gelap
KPU Tetapkan Tiga Paslon Capres dan Cawapres Pemilu 2024 Kemeriahan Puncak Dies Natalis UPG ke-3, Dihadiri Artis hingga Pejabat Daerah  Politikus Gerindra Desmond J Mahesa Meninggal Dunia MK Tetapkan Pemilu 2024 Pakai Sistem Proporsional Terbuka, Waspadai Politik Uang  Pembangunan Tahap II Masjid Agung Ats Tsauroh Ditarget Rampung 2023

Nasional · 20 Agu 2020 13:36 WIB ·

Membangun Daerah Demi NKRI


 Membangun Daerah Demi NKRI Perbesar

BIN Me-reintegrasi Eks Napiter Kembali ke Masyarakat


TIRTAYASA.ID – SERANG. Menghadapi paham radikal yang telah ditanamkan dalam diri para terpidana pelaku terorisme, BIN memiliki cara paling jitu yang sukses membawa perubahan dan merintegrasi para eks napiter menjadi bermanfaat bagi masyarakat dan keluarganya guna menangkal aksi terorisme lanjutan.

Melalui pembinaan menyeluruh dan consider pada bagaimana menciptakan kembali sosok paling berbahaya tersebut menjadi pribadi yang paling bermanfaat bagi keluarga, masyarakat dan pada akhirnya bagi NKRI.

“Setelah kita bicara panjang lebar, melakukan pendekatan karena tak kenal maka tak sayang, ternyata para Eks Napiter ini  baik-baik, ada kesepahaman yang bisa dijalin dan mau kembali ke Ibu Pertiwi, tidak lupa jalan kembali, kemarin itu hanya khilaf,” jelas Deputi VII Badan Inteligensi Negara (BIN) Wawan Hari Purwanto  sambil tersenyum bangga kearah Paimin  seorang eks Napiter yang kini telah kembali ke masyarakat.

Salah satu cara pembinaan oleh BIN terhadap para eks Napiter di Indonesia itu selain melalui pembinaan dan edukasi sehingga memiliki ketrampilan yang dapat bermanfaat bagi kehidupan, juga dengan mengadakan kegiatan bincang hangat seperti dalam acara Ngopi Bareng Dengan Eks Napiter Bersama Wawan Hari Purwanto di Pondok Pesantren Wirausaha Agrobisnis Abdurrahman bin Auf, Desa Bulan, Kecamatan Wonosari, Klaten. 

Dalam acara ini dihadiri oleh para eks Napiter yang sudah memiliki keterampilan dan mendulang keberhasilan agar berbagi pengalamannya di hadapan Bapak Deputi VII BIN, dalam acara juga terdapat sesi pemberian sejumlah bantuan berupa dana pembinaan, serta budidaya ikan dan ternak kambing demi menunjang kehidupan ekonomi para eks Napiter tersebut.

“Tapi setelah ada binaan seperti ini bisa ternyata bisa mandiri, alhamdulillah salah satu contoh eks Napiter yang sukses kita ada mas Paimin, bahkan sekarang beliau sudah bisa membangun wadah binaan dilingkungan tempat tinggalnya,” papar Wawan menceritakan sosok Paimin sekarang pasca kembali ke masyarakat.

BACA JUGA   Rp8,8 Triliun untuk Subsidi Upah Bagi Pekerja Tahun 2021

Segala bentuk kesulitan dan kerja keras yang di lakukan oleh BIN kini telah menuai hasil yang sangat baik. Hal ini dapat dilihat dengan kehidupan para Eks Napi Terorisme yang telah mendapatkan pembinaan oleh BIN telah menjadi sosok yang kini justru bermanfaat bagi masyarakat dengan membangun kembali kehidupannya yang baru sebagai masyarakat tentram dan mencintai negerinya.

Artikel ini telah dibaca 22 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Peran Aktif Indonesia dalam Penyelesaian Perang Israel-Palestina

18 November 2023 - 11:34 WIB

KPU Tetapkan Tiga Paslon Capres dan Cawapres Pemilu 2024

13 November 2023 - 17:25 WIB

Siap Digelar, KTT AIS Menjadi Momentum Indonesia Kembangkan Ekonomi Biru

7 Oktober 2023 - 21:25 WIB

KTT AIS Forum 2023 Ajang Kolaborasi Negara Pulau-Kepulauan

6 Oktober 2023 - 14:41 WIB

KTT AIS Forum 2023, Forum Besar Negara Maritim Bakal Digelar di Bali

5 Oktober 2023 - 20:45 WIB

Rajut Potensi Pemuda Islam dan Ekonomi Syariah, Arief Rosyid Roadshow ke Pesantren di Jawa Timur

2 Oktober 2023 - 15:16 WIB

Trending di Nasional