Menu

Mode Gelap
KPU Tetapkan Tiga Paslon Capres dan Cawapres Pemilu 2024 Kemeriahan Puncak Dies Natalis UPG ke-3, Dihadiri Artis hingga Pejabat Daerah  Politikus Gerindra Desmond J Mahesa Meninggal Dunia MK Tetapkan Pemilu 2024 Pakai Sistem Proporsional Terbuka, Waspadai Politik Uang  Pembangunan Tahap II Masjid Agung Ats Tsauroh Ditarget Rampung 2023

Ekonomi · 29 Okt 2022 02:39 WIB ·

Ruas Tol Tangerang-Merak Periksa Pemenuyan SPM dan Kriteria Jalan Tol Berkelanjutan


 Ruas Tol Tangerang-Merak Periksa Pemenuyan SPM dan Kriteria Jalan Tol Berkelanjutan Perbesar

TIRTAYASA.ID, TANGERANG – Dalam rangka Penilaian Jalan Tol Berkelanjutan di seluruh Badan Usaha Jalan Tol di Indonesia, Astra Tol Tangerang-Merak, mendapatkan kesempatan kunjungan ke-2 dari Tim Penilai, yang terdiri dari tenaga ahli beserta Tim Kementerian PUPR pada Kamis, 27 Oktober 2022. 

Jalan tol berkelanjutan merupakan suatu cara untuk meningkatkan kinerja yang berorientasi pada lingkungan hidup, sesuai dengan Peraturan Menteri (Permen) PUPR Nomor 16/PRT/M/2014 tentang Standar Pelayanan Minimal Jalan Tol serta Permen PUPR Nomor 28 Tahun 2021 tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) pada Jalan Tol. 

Tujuan dari penilaian Jalan Tol Berkelanjutan ini yaitu memastikan jalan bebas hambatan dan layanan pendukung jalan tol yang prima. Selain itu pada penilaian JTB tahun ini menekankan pada aspek penghematan energi dan pengendalian pencemaran lingkungan.

 Untuk itu Astra Tol Tangerang-Merak melakukan upaya-upaya dalam hal penerapan penggunaam EBT (Energi Baru Terbarukan, diantaranya penggunaan solar panel sebagai sumber listrik lampu PJU (Penerangan Jalan Umum), gerbang tol Balaraja Barat dan Taman Akses Petak Papat di Serang timur.

Dalam hal pengendalian lingkungan salah satunya dengan membina KBA Talagasari untuk memanfaatkan limbah sampah plastik dan minyak jelantah yang di olah menjadi Eco Paving Block yang ramah lingkungan.

Narasumber penilai Jalan Tol Berkelanjutan, Ahmad Syafrudin yang merupakan tenaga ahli dibidang lingkungan dan transportasi cukup antusias melihat inisiasi teknologi tepat guna yang dikembangkan secara swadaya oleh pemuda binaan KBA Astra Tol Tangerang Merak tersebut.

“Teknologi ini bisa menjadi program unggulannya Astra Tol Tangerang-Merak bersama binaan, dan bisa dipamerkan di event-event lingkungan hidup nasional,” ujarnya.

Selain itu, dalam pemenuhan Standar Pelayanan Minimum (SPM) dilakukan juga penilaian pemanfaatan Rest Area seperti kebersihan, penghijauan, manajemen pengelolaan sampah dan dukungan ekonomi lokal melalui UMKM, serta penerapan protokol kesehatan.

BACA JUGA   ASTRA Infra Dukung Kemandirian Masyarakat melalui Peresmian Kampung Berseri Astra di Desa Serdang Kulon

Penilaian ini dilakukan sebagai bagian dari usaha transformasi, inovasi dan modernisasi jalan tol. Sebagai  upaya lebih lanjut dalam memenuhi (beyond compliance) SPM jalan tol dalam penyediaan layanan jalan tol yang prima bagi pengguna jalan sekaligus inklusi program sosial pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan lingkungan hidup di sekitar jalan tol. (rls)

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Momen Libur Lebaran Perdana, KCIC Operasikan 52 Perjalanan Whoosh Per Hari

5 April 2024 - 22:04 WIB

Simak Aturan Bagasi Kereta Cepat Whoosh, Penumpang di Himbau Membawa Barang Sesuai Aturan

2 April 2024 - 21:18 WIB

Gelar Pasar Takjil, BMS Creative; Wujud Nyata Mendorong Pelaku UMKM Berkembang

28 Maret 2024 - 19:51 WIB

Jelang Idul Fitri, Harga Daging Sapi di Kota Serang Diperkirakan Tembus Rp180 Ribu Per Kilogram 

27 Maret 2024 - 23:17 WIB

Alfamart Cabang Serang Ajak Buka Bersama Member Loyal

23 Maret 2024 - 20:19 WIB

Per Februari 2024, Pajak Usaha Ekonomi Digital Capai Rp22,179 Triliun 

14 Maret 2024 - 19:41 WIB

Trending di Ekonomi