Menu

Mode Gelap
Restu Prabowo untuk Andra-Dimyati di Pilgub Banten Ketua Harian DPP Gerindra Unggah Pasangan Andra-Dimyati untuk Pilgub Banten  KPU Tetapkan Tiga Paslon Capres dan Cawapres Pemilu 2024 Kemeriahan Puncak Dies Natalis UPG ke-3, Dihadiri Artis hingga Pejabat Daerah  Politikus Gerindra Desmond J Mahesa Meninggal Dunia

Daerah · 24 Agu 2020 12:41 WIB ·

Kasus Positif Covid Kabupaten Serang Tembus Angka 100


 Kasus Positif Covid Kabupaten Serang Tembus Angka 100 Perbesar

TIRTAYASA.ID-SERANG. Kasus terkonfirmasi positif covid 19 di Kabupaten Serang terus bertambah. Bahkan saat ini kasus tersebut sudah mencapai angka 100.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang Agus Sukmayadi mengatakan, hingga Minggu (23/8) kasus terkonfirmasi positif Covid 19 mencapai 100 kasus. Dari jumlah tersebut 75 kasus dinyatakan sembuh, 19 kasus isolasi mandiri, 4 kasus dirawat di rumah sakit dan 2 orang meninggal dunia.

Agus mengatakan ada beberapa faktor yang menyebabkan tingginya angka konfirmasi positif tersebut. Diantaranya karena industri yang sudah membuka kembali, sehingga salah satu konsekuensinya yakni melakukan medical check up para pekerja dengan swab PCR dan diperoleh hasil cepat.

“Kalau hasil positif kami akan lacak lingkungan dan tempat tinggalnya. Sampai 23 Agustus kemarin jumlah kasus (terkonfirmasi positif) ada 100 orang, berarti harus 3.500-5.000 warga yang akan di swab PCR,” kata juru bicara gugus tugas percepatan penanganan Covid 19 Kabupaten Serang tersebut.

Menurut dia, semakin banyak warga positif diperoleh itu artinya semakin baik pelacakan yang sudah dilakukan. Dengan demikian pihaknya bisa memetakan daerah mana yang harus diisolasi agar tidak menular.

“Kasus positif ini pasien tidak punya keluhan dan gejala, jadi diharapkan pemberdayaan masyarakat untuk melakukan pengawasan isolasi mandiri di rumah atau tempat yang disediakan. Kalau di bawa ke RSDP sudah kewalahan karena ada pasien dari luar Kabupaten Serang,” ungkapnya.

Untuk saat ini, Kabupaten Serang masih berada di zona kuning. Zona tersebut ditetapkan oleh Satgas Provinsi Banten. “Jadi Kabupaten Serang sampai hari ini zona kuning kasus masih mungkin terjadi tapi satgas kabupaten bisa isolir atau pelacakan lebih lanjut,” katanya.

“Kasus sekarang hampir merata terutama daerah Kramat, Waringin, Bojonegara, itu wilayah yang ada positif. Dan beberapa wilayah seperti Petir dan Padarincang karena banyak pekerja yang bepergian ke wilayah yang masih zona merah seperti Tangerang,” pungkasnya. (red)

BACA JUGA   Pemerintah Optimis Mampu Atasi Covid-19
Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

DPUPR Banten Perbaiki Jalan di Ruas Pakupatan-Palima

19 Juni 2024 - 13:48 WIB

Hari Raya Idul Adha, Pemkot Serang Salurkan 76 Ekor Hewan Qurban

17 Juni 2024 - 09:29 WIB

Tujuh Manfaat Bangun Pagi untuk Kesehatan

3 Juni 2024 - 08:22 WIB

3M-Plus Cara Efektif Cegah Demam Berdarah 

30 Mei 2024 - 09:02 WIB

DPUPR Provinsi Banten Perbaiki Saluran Drainase di Ruas Jalan Palima-Pasar Teneng

30 April 2024 - 17:09 WIB

Berikut Berbagai Layanan JKN Selama Libur Lebaran 2024 

20 Maret 2024 - 14:45 WIB

Trending di Kesehatan