Menu

Mode Gelap
KPU Tetapkan Tiga Paslon Capres dan Cawapres Pemilu 2024 Kemeriahan Puncak Dies Natalis UPG ke-3, Dihadiri Artis hingga Pejabat Daerah  Politikus Gerindra Desmond J Mahesa Meninggal Dunia MK Tetapkan Pemilu 2024 Pakai Sistem Proporsional Terbuka, Waspadai Politik Uang  Pembangunan Tahap II Masjid Agung Ats Tsauroh Ditarget Rampung 2023

Nasional · 14 Nov 2022 14:42 WIB ·

Bus Listrik Merah Putih untuk Presidensi G20 Bali


 Bus Listrik Merah Putih untuk Presidensi G20 Bali Perbesar

TIRTAYASA.ID, BALI – Bus Listrik Merah Putih (BLiMP) produksi PT INKA (Persero) diresmikan operasionalnya untuk mendukung Presidensi G20 di Bali, bertempat Nusa Dua, Bali, Minggu 13 November 2022.

Peresmian dilakukan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Menteri Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim.

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, keberhasilan ini tidak lepas dari kolaborasi antara BUMN dan perguruan tinggi.

BACA JUGA : Pebalap Astra Honda Sapu Bersih Podium Tertinggi IATC 2022 Mandalika

“Kalau kita tidak melakukan Kolaborasi, tentu ini tidak akan terjadi. Kebetulan kita ada INKA, DAMRI, sehingga ekosistem dari pada hal ini, deliver sampai digunakan pada masyarakat. Selamat INKA, UGM, UNAIR, ITS, ISI Denpasar,” katanya.

“Akhirnya kita menemukan skema, bahwa ini tidak putus pada belajar saja, tidak putus pada produksi saja,” imbuh Budi.

Budi mengatakan, program Merdeka Belajar digagas oleh Kemendikbud Ristek berhasil terealisasi untuk proyek bus listrik ini.

BACA JUGA : Eksponen Aktivis Banten Nilai Erick Thohir Gagal Jadi Menteri BUMN

“Satu pengalaman yang luar biasa, bagaimana konsep Kemendikbud Ristek membuat Merdeka Belajar, saya termasuk follower yang favorit atas apa yang dibuat dalam merdeka belajar,” katanya.

“Bayangkan adik-adik (mahasiswa) diberikan kebebasan 1 semester 20 SKS harus men-deliver sesuatu yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya, dan itu  terjadi untuk proyek ini,” tambahnya.

Kementerian Perhubungan juga terdapat skema buy the service (BTS). Dengan adanya hal tersebut, skema BTS akan mengurangi antara cost dengan daya beli masyarakat nantinya ketika nanti bus listrik ini akan dioperasikan di 3 daerah yakni Bandung, Surabaya dan area Bali.

BACA JUGA : 871 KK di Pasar Kemis Kabupaten Tangerang Terdampak Banjir

BACA JUGA   Sempat Mati Lampu di Laga Brasil vs Swiss, Ini Profil Stadion 974 Qatar

Mendikbudristek Nadiem Makarim mengatakan, program Merdeka Belajar ini adalah contoh sempurna dari gotong royong. Semua pihak mulai dari universitas, dosen, mahasiswa, kementerian, dan BUMN, menuntaskan masalah secara bersama-sama.

“Pada Presidensi G20 ini merupakan momentum bagi Indonesia  untuk menunjukkan keunggulan kita pantas sekali di panggung dunia,” katanya.

“Kita bisa menghasilkan suatu karya yang datang langsung datang dari akademisi-akademisi kita, dari mahasiswa-mahasiswa kita dan kolaborasi antara perguruan tinggi dan industri ini semakin menguat,” imbuhnya.

BACA JUGA : Pemprov Banten Perkuat Fungsi Dasar Satgas PMK

Keberhasilan  program ini tidak lepas dari platform Kemendikbud Ristek yakni Kedai Reka, di mana dunia industri dan dunia Pendidikan memenukan kecocokan bersama.

“Ada platform Kedai Reka, di mana sekarang itu adalah biro jodoh digital antara bisnis-bisnis industri korporasi dan peneliti-peneliti dan akademisi di universitas untuk menemukan kecocokan untuk mengerjakan proyek bersama baik itu proyek inovasi, proyek riset dan lain-lain,” katanya.

“Dan dana yang disalurkan dari swasta kepada proyek di universitas tersebut akan dipadankan dengan dana dari kementerian, namanya matching fund. Program seperti bus listrik ini (realiasi) terjadinya karena itu,”  imbuhnya. (/rls)

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Peran Aktif Indonesia dalam Penyelesaian Perang Israel-Palestina

18 November 2023 - 11:34 WIB

KPU Tetapkan Tiga Paslon Capres dan Cawapres Pemilu 2024

13 November 2023 - 17:25 WIB

Siap Digelar, KTT AIS Menjadi Momentum Indonesia Kembangkan Ekonomi Biru

7 Oktober 2023 - 21:25 WIB

KTT AIS Forum 2023 Ajang Kolaborasi Negara Pulau-Kepulauan

6 Oktober 2023 - 14:41 WIB

KTT AIS Forum 2023, Forum Besar Negara Maritim Bakal Digelar di Bali

5 Oktober 2023 - 20:45 WIB

Rajut Potensi Pemuda Islam dan Ekonomi Syariah, Arief Rosyid Roadshow ke Pesantren di Jawa Timur

2 Oktober 2023 - 15:16 WIB

Trending di Nasional