Menu

Mode Gelap
KPU Tetapkan Tiga Paslon Capres dan Cawapres Pemilu 2024 Kemeriahan Puncak Dies Natalis UPG ke-3, Dihadiri Artis hingga Pejabat Daerah  Politikus Gerindra Desmond J Mahesa Meninggal Dunia MK Tetapkan Pemilu 2024 Pakai Sistem Proporsional Terbuka, Waspadai Politik Uang  Pembangunan Tahap II Masjid Agung Ats Tsauroh Ditarget Rampung 2023

Daerah · 18 Agu 2020 18:49 WIB ·

Bupati Tatu Serahkan Insentif untuk 1.777 Kader KB


 Bupati Tatu Serahkan Insentif untuk 1.777 Kader KB Perbesar

Bupati Tatu Serahkan Insentif untuk 1.777 Kader KB

TIRTAYASA.ID-SERANG. Sebanyak 1.777 Kader KB yang terdiri atas 326 orang kader Pos KB dan 1.451 orang Sub Pos KB menerima insentif dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang. Insentif dengan total senilai Rp1,8 miliar tersebut secara simbolis diserahkan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, Selasa (18/8).

Tatu mengatakan, kegiatan pemberian insentif sekaligus evaluasi terhadap kader Pos KB dan Sub Pos KB yang rutin lakukan setiap tahun. Kader Pos KB dan Sub Pos KB ini direkrut untuk menyosialisasikan program KB. “Jadi, kader KB membantu pemerintah dalam mengendalikan laju pertumbuhan penduduk, ” ujar Tatu di lapangan Tennis Indoor, Pemkab Serang.

Kader Pos KB dan Sub Pos KB setiap tahun diberi target untuk mengajak akseptor baru untuk ikut program KB. Kata Tatu, berdasarkan hasil laporan dari masyarakat cendrung pasang implan. Untuk IUD dan yang lainnya agak kurang.

“Tapi buat kami tidak masalah yang penting masyarakat memilih MKJP (metode kontrasepsi jangka panjang),” katanya.

Tatu menyampaikan permohonan maaf karena belum bisa menaikan insentif. Sebab masih banyak program pelayanan dasar yang harus dibiayai oleh Pemkab Serang.

“Tapi teman-teman kader Alhamdulillah masih tetap semangat. Keberadaan teman-teman kader ini sangat membantu menekan laju pertumbuhan penduduk,” ujarnya.

Kepala Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Kabupaten Serang Tarkul Wasyit mengatakan, insentif yang diberkan kepada kader Pos KB dan Sub Pos KB totalnya senilai Rp1,8 miliar.

“Jumlah kader Pos KB kita 326 orang dan Sub Pos KB 1.451 orang. Insentif diberikan untuk tujuh bulan dari Januari sampai Juli,” katanya.

Ia mengungkapkan, untuk menekan laju pertumbuhan penduduk di Kabupaten Serang, pihaknya memiliki program seperti pendewasaa usia perkawinan (PUS), penundaan anak pertama (PAP) untuk anak yang menikah di bawah umur, dan penggunaan alat kontrasepsi modern. Untuk target pelayanan KB dari target 316 ribu PUS (pasangan usia subur) sampai saat ini tercapai 75,8 persen.

BACA JUGA   Bupati Serang Raih Penghargaan Kementerian Hukum dan HAM

“Insentif yang diberikan kepada kader KB ini sebagai bentuk apresiasi Pemkab Serang, serta berharap dapat memotivasi untuk sama-sama mengendalikan laju pertumbuhan penduduk di Kabupaten Serang,” ujarnya. (rls)

Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tujuh Manfaat Bangun Pagi untuk Kesehatan

3 Juni 2024 - 08:22 WIB

3M-Plus Cara Efektif Cegah Demam Berdarah 

30 Mei 2024 - 09:02 WIB

DPUPR Provinsi Banten Perbaiki Saluran Drainase di Ruas Jalan Palima-Pasar Teneng

30 April 2024 - 17:09 WIB

Berikut Berbagai Layanan JKN Selama Libur Lebaran 2024 

20 Maret 2024 - 14:45 WIB

Pemkot Serang Kembangkan Aplikasi Bayar Zakat

19 Maret 2024 - 22:48 WIB

Tujuh Manfaat Puasa Ramadhan untuk Kesehatan 

11 Maret 2024 - 12:34 WIB

Trending di Kesehatan