Menu

Mode Gelap
KPU Tetapkan Tiga Paslon Capres dan Cawapres Pemilu 2024 Kemeriahan Puncak Dies Natalis UPG ke-3, Dihadiri Artis hingga Pejabat Daerah  Politikus Gerindra Desmond J Mahesa Meninggal Dunia MK Tetapkan Pemilu 2024 Pakai Sistem Proporsional Terbuka, Waspadai Politik Uang  Pembangunan Tahap II Masjid Agung Ats Tsauroh Ditarget Rampung 2023

Kesehatan · 11 Mar 2024 00:07 WIB ·

5 Makanan Berkhasiat Menurunkan Asam Lambung


 5 Makanan Berkhasiat Menurunkan Asam Lambung Perbesar

SERANG – Masyarakat Indonensia sangat mudah menemui penyakit asam lambung. Jenis penyakit ini tak mengenal usia, baik remaja maupun orang dewasa, bahkan Lansia.

Nah, yang perlu diketahui, gejala penyakit asam lambung seringkali  muncul ditandai antara lain timbulnya rasa nyeri ulu hati (heartburn).

Kemudian, sensasi panas atau perih di dada hingga kerongkongan, termasuk rasa pahit dan asam yang muncul di pangkal tenggorokan.

Khusus pada beberapa kasus asam lambung yang masuk ke tahap parah, maka penderita akan mengalami kesulitan dalam menelan makanan.

Melihat beberapa gejala tersebut, penting bagi kita untuk melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan atau Faskes terdekat sebagai deteksi dini.

Berdasarkan, laman Kemenkes ada beberapa makanan yang berfungsi untuk menurunkan gejala asam lambung, diantaranya yaitu;

1. Sayuran

Beberapa jenis sayuran yang bermanfaat untuk menurunkan gejala asam lambung, diantaranya brokoli, asparagus, kembang kol, kentang, mentimun, dan sayuran berdaun hijau lainnya.

2. Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dipercaya dapat menjadi pengobatan alami penyakit asam lambung, sakit maag, maupun masalah pencernaan lainnya.

3. Buah Pisang

Beberapa buah non-sitrus seperti pisang merupakan makanan yang baik untuk penderita asam lambung, karena menjadi buah penurun asam lambung

4. Putih Telur

Selain sehat, putih telur merupakan pilihan makanan yang bagus untuk penderita asam lambung. Namun tidak untuk kuning telur, hal ini dikarenakan kuning telur mengandung lemak cukup tinggi dan dapat memicu gejala refluks asam lambung.

5. Yoghurt

Terkadang penderita asam lambung menghindari konsumsi yoghurt karena ditakutkan akan memperparah keadaan, namun yoghurt justru memiliki efek yang baik untuk penderita asam lambung karena sudah difermentasi.

Mengkonsumsi berbagai jenis makanan penurun asam lambung di atas, diharapkan dapat memberikan informasi dan membantu masyarakat untuk menurunkan asam lambung yang diderita.

BACA JUGA   Spanyol Gulung Kosta Rika Tanpa Ampun 7-0, Pada Pertandingan Pertama Grup E Piala Dunia 2022 Qatar

Nah, pembaca setia tirtayasa.id lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami gejala asam lambung, agar bisa segera mendapatkan penanganan secara cepat dan tepat. (*/red)

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tujuh Manfaat Bangun Pagi untuk Kesehatan

3 Juni 2024 - 08:22 WIB

3M-Plus Cara Efektif Cegah Demam Berdarah 

30 Mei 2024 - 09:02 WIB

Berikut Berbagai Layanan JKN Selama Libur Lebaran 2024 

20 Maret 2024 - 14:45 WIB

Tujuh Manfaat Puasa Ramadhan untuk Kesehatan 

11 Maret 2024 - 12:34 WIB

Masuk Endemi Covid-19, BPJS Kesehatan Jamin untuk Peserta JKN

12 September 2023 - 09:40 WIB

UU Kesehatan Wajibkan Perusahaan Jamin Pekerja dan Tanggung Biaya

2 Agustus 2023 - 10:23 WIB

Trending di Kesehatan