Menu

Mode Gelap
KPU Tetapkan Tiga Paslon Capres dan Cawapres Pemilu 2024 Kemeriahan Puncak Dies Natalis UPG ke-3, Dihadiri Artis hingga Pejabat Daerah  Politikus Gerindra Desmond J Mahesa Meninggal Dunia MK Tetapkan Pemilu 2024 Pakai Sistem Proporsional Terbuka, Waspadai Politik Uang  Pembangunan Tahap II Masjid Agung Ats Tsauroh Ditarget Rampung 2023

Ekonomi · 3 Nov 2022 11:47 WIB ·

UMKM Banten Peroleh Tips Sukses Lakukan Ekspor


 Ilustrasi. Perbesar

Ilustrasi.

TIRTAYASA.ID, TANGERANG – Kanwil DJP Banten bekerja sama dengan Kanwil Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Banten, Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Banten, Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Negara Banten.

Kemudian, Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai (KPU-BC) Soekarno Hatta, dan Lembaga Penjaminan Export Impor (LPEI) Provinsi Banten menyelenggarakan pelatihan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 

Ini dilakukan agar produk pelaku UMKM siap ekspor dan mahir ekspor di aula Kanwil DJBC Banten dan aula KPKNL II Tangerang yang dilaksanaka Rabu-Kamis, November 2022.

Acara dibuka Kepala Kanwil DJBC Banten Rahmat Subagio. Dalam sambutannya, Rahmat menyampaikan, acara pelatihan terselenggara berkat kolaborasi seluruh jajaran Kementerian Keuangan di Provinsi Banten.

Rahmat juga menyampaikan bahwa dukungan bagi UMKM di provinsi Banten sudah sampai ke level menjual produk di luar negeri, seperti di Hongkong, Jepang, dan Korea Selatan.

Pada hari pertama, materi yang disampaikan adalah tentang digital marketing oleh fasilitator ekspor Kementerian Koperasi dan UKM Farid Fahmi.

Farid menjelaskan tentang proses bisnis ekspor di Indonesia, mulai dari persiapan dokumennya, tips mengajukan perijinannya, pengemasan, produk sampel, hingga shippingnya.

Tak hanya itu, peserta diberikan juga tips-tips membuat website untuk mempromosikan produk UMKM. Farid mengatakan mencari pembeli di luar negeri sangatlah mudah.

Yang diperlukan adalah kesiapan UMKM untuk melakukan korespondensi, marketing melalui website, proses produksi, dan proses distribusi.

Pada hari kedua, materi yang disampaikan terkait persiapan melakukan ekspor oleh Sekretaris Jenderal Perkumpulan Profesi Ekspor Impor Seluruh Indonesia Nur Hidayat.

Nur memberikan gambaran melakukan kegiatan ekspor, mulai dari niat melakukan ekspor hingga upaya-upaya yang harus dilakukan agar dapat melakukan ekspor, meliputi proses perijinan, pengepakan, marketing, cargo, mencari pembeli, dan berbagai informasi tentang kebijakan-kebijakan negara tujuan ekspor.

BACA JUGA   Direktorat Jenderal Pajak Kanwil Banten Serentak Blokir Rekening Penunggak

UMKM juga mendapatkan kesempatan untuk pameran di sekitar ruang pelatihan guna memperlihatkan hasil produksi dari masing-masing pelaku UMKM.

Selanjutnya, Kemneterian Keuangan Banten juga melakukan Kerjasama dengan Transmart untuk menggelar kegiatan pameran produk UMKM pada awal Desember 2022 mendatang. (rls)

Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Momen Libur Lebaran Perdana, KCIC Operasikan 52 Perjalanan Whoosh Per Hari

5 April 2024 - 22:04 WIB

Simak Aturan Bagasi Kereta Cepat Whoosh, Penumpang di Himbau Membawa Barang Sesuai Aturan

2 April 2024 - 21:18 WIB

Gelar Pasar Takjil, BMS Creative; Wujud Nyata Mendorong Pelaku UMKM Berkembang

28 Maret 2024 - 19:51 WIB

Jelang Idul Fitri, Harga Daging Sapi di Kota Serang Diperkirakan Tembus Rp180 Ribu Per Kilogram 

27 Maret 2024 - 23:17 WIB

Alfamart Cabang Serang Ajak Buka Bersama Member Loyal

23 Maret 2024 - 20:19 WIB

Per Februari 2024, Pajak Usaha Ekonomi Digital Capai Rp22,179 Triliun 

14 Maret 2024 - 19:41 WIB

Trending di Ekonomi