Menu

Mode Gelap
KPU Tetapkan Tiga Paslon Capres dan Cawapres Pemilu 2024 Kemeriahan Puncak Dies Natalis UPG ke-3, Dihadiri Artis hingga Pejabat Daerah  Politikus Gerindra Desmond J Mahesa Meninggal Dunia MK Tetapkan Pemilu 2024 Pakai Sistem Proporsional Terbuka, Waspadai Politik Uang  Pembangunan Tahap II Masjid Agung Ats Tsauroh Ditarget Rampung 2023

Ekonomi · 18 Okt 2021 02:49 WIB ·

Kementerian Perdagangan Dorong Aktivis dan Pengusaha Muda Mendunia Melalui Ekspor


 Kementerian Perdagangan Dorong Aktivis dan Pengusaha Muda Mendunia Melalui Ekspor Perbesar

TIRTAYASA.ID, JAKARTA – Sebagai Komitmen jangka panjang dalam melengkapi ekosistem Ekspor di Indonesia, Kementerian Perdagangan RI melaksanakan kegiatan Export Market Class Training pada Sabtu-Minggu, 16-17 Oktober 2021 di Balai Besar Pelatihan dan Pengembangan Ekspor Indonesia (PPEI) Kementerian Perdagangan RI di Jakarta. Kegiatan ini secara khusus menarget peserta yang berusia muda untuk dilatih ekspor secara intensif.

Kepala Balai Besar PPEI Kementerian Perdagangan RI, Heryono Hadi Prasetyo atau yang lebih akrab disapa Noly membuka acara pelatihan sekaligus menekankan agar para pengusaha muda harus segera mempersiapkan diri memperluas pasar ke tingkat global.

“Pasar global itu terbuka lebar untuk kita ambil, para pengusaha muda, terutama yang punya potensi ekspor harus terus ekspansi”, Jelas Noly.

Sebanyak 25 orang peserta yang hadir dalam pelatihan tersebut merupakan para aktivis dan pengusaha muda yang berasal dari berbagai latar belakang suku, agama, dan wilayah dari seluruh Indonesia.

Beberapa di antaranya merupakan mantan pimpinan organisasi kepemudaan seperti Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Pemuda Hidayatullah, serta beberapa perwakilan dari komunitas pelaku ekspor muda seperti Gen Ekspor dan Geber Ekspor Indonesia.

Selain itu, acara ini juga melibatkan beberapa aktivis dan perwakilan perhimpunan pelajar Indonesia berbagai dari berbagai negara dan wilayah seperti Tiongkok, Kawasan Asia tenggara, dan Kawasan Timur tengah.

Ungkapan positif juga disampaikan oleh Danial Iskandar Yusuf, Anggota Tim Ahli Menteri Perdagangan RI yang turut hadir untuk bisa mengikuti tren ekspor Indonesia yang terus meningkat sepanjang tahun 2021 ini.

“Dalam catatan kami, performa ekspor Indonesia tahun (2021) ini, terus memecahkan rekor, meningkat terus. Jangan sampai eksportir muda ketinggalan tren positif ini”, Ungkap Danial.

BACA JUGA   Indonesia Sukses Tarik Investasi Ratusan Triliun

Dalam dua hari kegiatan pelatihan tersebut, para peserta dibekali berbagai pengetahuan dan keterampilan seputar Ekspor, seperti regulasi, riset pasar, kepabeanan, ekspedisi, sampai dengan pembiayaan ekspor.

Ketua Tim Ahli Menteri Perdagangan RI, Bayu Krisnamurthi, yang juga hadir di penutupan kegiatan pelatihan berharap agar para peserta terus mengikuti program-program dari kementerian perdagangan RI, salah satunya ialah Trade Expo Indonesia 2021 yang akan dibuka hari Kamis (21/10) secara daring.

“Kami berharap agar para peserta yang muda-muda ini bisa ikut juga melihat secara virtual pembukaan Trade Expo Indonesia 2021 di sosial media Kementerian agar dapat terinspirasi dalam hal ekspor” Jelas Bayu.

Acara kemudian diakhiri dengan pembagian sertifikat dan foto bersama peserta pelatihan.

Melihat respon yang begitu positif dari para peserta tentang kualitas pelatihan, anggota Tim Ahli Menteri Perdagangan RI lain yang juga hadir, Phirman Rheza, akan mengawal perkembangan para peserta alumni pelatihan ini agar dapat merealisasikan ekspor sesegera mungkin pasca kegiatan ini.

“Mudah-mudahan bisa segera (terjadi) ekspor, karena ada beberapa peserta yang terselesaikan (kendala ekspornya) dibantu pelatihan ini, kelihatan sudah sangat siap untuk ekspor dalam waktu dekat” pungkas Phirman. (rls)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Momen Libur Lebaran Perdana, KCIC Operasikan 52 Perjalanan Whoosh Per Hari

5 April 2024 - 22:04 WIB

Simak Aturan Bagasi Kereta Cepat Whoosh, Penumpang di Himbau Membawa Barang Sesuai Aturan

2 April 2024 - 21:18 WIB

Gelar Pasar Takjil, BMS Creative; Wujud Nyata Mendorong Pelaku UMKM Berkembang

28 Maret 2024 - 19:51 WIB

Jelang Idul Fitri, Harga Daging Sapi di Kota Serang Diperkirakan Tembus Rp180 Ribu Per Kilogram 

27 Maret 2024 - 23:17 WIB

Alfamart Cabang Serang Ajak Buka Bersama Member Loyal

23 Maret 2024 - 20:19 WIB

Per Februari 2024, Pajak Usaha Ekonomi Digital Capai Rp22,179 Triliun 

14 Maret 2024 - 19:41 WIB

Trending di Ekonomi