Menu

Mode Gelap
KPU Tetapkan Tiga Paslon Capres dan Cawapres Pemilu 2024 Kemeriahan Puncak Dies Natalis UPG ke-3, Dihadiri Artis hingga Pejabat Daerah  Politikus Gerindra Desmond J Mahesa Meninggal Dunia MK Tetapkan Pemilu 2024 Pakai Sistem Proporsional Terbuka, Waspadai Politik Uang  Pembangunan Tahap II Masjid Agung Ats Tsauroh Ditarget Rampung 2023

Nasional · 19 Agu 2021 11:15 WIB ·

BPIP Kukuhkan 68 Paskibraka Nasional Menjadi Duta Pancasila


 BPIP Kukuhkan 68 Paskibraka Nasional Menjadi Duta Pancasila Perbesar

TIRTAYASA.ID, JAKARTA – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengukuhkan 68 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional tahun 2021. Sebagai Purna Paskibraka Duta Pancasila dan Pengukuhan oleh Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi itu dilaksanakan di halaman kantor BPIP Rabu, (18/8).

Menurut Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi Pengukuhan sebagai Purna Paskibraka Duta Pancasila tersebut merupakan implementasi Peraturan Presiden Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pembinaan Ideologi Pancasila kepada Generasi Muda Melalui Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), dan Peraturan BPIP Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pembinaan Ideologi Pancasila kepada Generasi Muda Melalui Program Paskibraka.

Ia juga mengucapkan selamat kepada anggota Paskibraka karena telah sukses  menjalankan tugasnya sebagai Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih di Istana Presiden pada Hari Ulang Tahun Ke-76 Republik Indonesia Selasa, (17/8).

Dirinya berharap paskibraka tahun 2021 mampu menjadi generasi Duta Pancasila di masa kini dan masa yang akan datang.

“Saya berharap agar adik-adik Paskibraka 2021 ini bisa menjadi pelopor yang bisa diteladani generasi muda, sehingga dapat menjalankan tugas dan fungsinya serta bisa merawat Pancasila dimasa yang akan datang,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama saat diwawancara Ketua Umum Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Nasional Gousta Feriza mengaku ini merupakan tonggak sejarah awal dalam pengukuhan Paskibraka sebagai duta Pancasila.

“Ini merupakan tonggak sejarah dalam pengukuhan Paskibraka sebagai Duta Pancasila dan seterusnya akan terus berjalan,” ucapnya.

Ia bahkan berkomitmen terus memberikan pembinaan kepada Purna Paskibraka terutama dalam mengarusutamakan nilai-nilai Pancasila pada kehidupan sehari-hari.

“Ini menjadi tugas buat adik-adik Purna Paskibraka Duta Pancasila untuk mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehdiupan sehari-hari Pancasila dalam tindakan,” tegasnya.

BACA JUGA   G20 Membuka Ruang Perdamaian Dunia

Salah seorang Paskibraka Chyanda Ravoella Johannes asal Sulawesi Utara mengatakan menjadi Duta Pancasila merupakan suatu anugerah karena memiliki tanggungjawab untuk membumikan nilai-nilai Pancasila kepada masyarakat khususnya kepada generasi muda.

Dirinya berharap setelah ini bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan bisa memilih pergaulan yang benar.

“Saya berharap bisa menjalankan atau melaksanakan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, selain itu bisa memilih pergaulan yang baik di lingungan masyarakat”, ujarnya. (rls/red)

Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

DPUPR Provinsi Banten Perbaiki Saluran Drainase di Ruas Jalan Palima-Pasar Teneng

30 April 2024 - 17:09 WIB

Santuni Yatim, Komunitas BJS rayakan Milad ke 13

2 Desember 2023 - 17:14 WIB

Peran Aktif Indonesia dalam Penyelesaian Perang Israel-Palestina

18 November 2023 - 11:34 WIB

KPU Tetapkan Tiga Paslon Capres dan Cawapres Pemilu 2024

13 November 2023 - 17:25 WIB

Ekstrakurikuler Mading SMKN 6 Kota Serang Gelar Diklat Jurnalistik

11 November 2023 - 14:28 WIB

Pembuatan Saluran Drainase Jalan Parigi – Sukamanah oleh UPTDPJJ Seragon

9 November 2023 - 22:26 WIB

Trending di Pemerintahan