Menu

Mode Gelap
KPU Tetapkan Tiga Paslon Capres dan Cawapres Pemilu 2024 Kemeriahan Puncak Dies Natalis UPG ke-3, Dihadiri Artis hingga Pejabat Daerah  Politikus Gerindra Desmond J Mahesa Meninggal Dunia MK Tetapkan Pemilu 2024 Pakai Sistem Proporsional Terbuka, Waspadai Politik Uang  Pembangunan Tahap II Masjid Agung Ats Tsauroh Ditarget Rampung 2023

Nasional · 12 Nov 2022 21:56 WIB ·

BMKG Memperbaharui Aplikasi infoBMKG


 BMKG Memperbaharui Aplikasi infoBMKG Perbesar

TIRTAYASA.ID, JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan pembaharuan aplikasi infoBMKG guna memperkuat sistem peringatan dini.

Langkah ini dilakukan sebagai bagian menyukseskan agenda Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-17 G20 akan diselenggarakan di Bali pada 15-16 November 2022.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengatakan, dalam berbagai event, BMKG turut melayani kebutuhan informasi berkenaan dengan meteorologi, klimatologi, dan geofisika.

BACA JUGA : Mark Zuckerberg Berencana PHK 11.000 Pegawai di Tahun 2023

Sebelum G20, BMKG juga ikut menyukseskan sejumlah event diantaranya Asian Games 2018, MotoGP Mandalika 2022, PON XX Papua 2022, dan lainnya.

“Khusus event KTT G20, informasi mengenai cuaca, iklim, dan gempa bumi akan disediakan di seluruh lokasi acara,” ujar Dwikorita, dikutip dari website BMKG.

Beberapa titik lokasi acara, diantaranya Garuda Wisnu Kencana, Hotel The Apurva Kempinski Bali, Kawasan Mangrove Taman Hutan Rakyat (Tahura) Ngurah Rai Bali dan VVIP Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

BACA JUGA : Pj Gubernur Banten Klaim Berhasil Tekan Inflasi, Stok Kebutuhan Pangan di Banten Dipastikan Aman

Dwikorita menuturkan pembaharuan yang dilakukan ini sebagai respon BMKG terhadap situasi Planet Bumi kekinian yang sangat kompleks.

Berbagai kejadian ekstrem, kata dia, semakin sering terjadi dengan durasi yang semakin bertambah dan tidak pasti. Tidak hanya terkait cuaca dan iklim saja, namun juga berbagai fenomena tektonik dan vulkanik.

Melalui pembaharuan ini, diharapakan data dan informasi yang diberikan kepada masyarakat luas dapat semakin cepat, tepat, dan akurat. Sehingga target zero victim apabila sewaktu-waktu Indonesia dihantam bencana alam bisa terwujud.

BACA JUGA : Arief Rosyid Paparkan Potensi Ekonomi Syariah Indonesia di Lisbon Portugal

BACA JUGA   Milad Ke-9, Pondok Pesantren Al-Kautsar Gelar Gebyar Al-Kautsar

“Ini bagian dari ikhitar dan inovasi teknologi yang terus dilakukan oleh BMKG untuk menjaga republik ini,” katanya.

“Terpenting informasi yang dikeluarkan BMKG valid dan bukan kabar bohong atau hoax,” tambah Dwikorita.

Pengembangan dan pembaharuan pada aplikasi infoBMKG ini, 100 persen dikerjakan seluruhnya oleh Sumber Daya Manusia dari BMKG tanpa bantuan vendor.

Menurutnya, banyak aplikasi cuaca yang bertebaran di Google Play Store dan Apple Store yang mengambil data dan informasi yang berasal dari infoBMKG. (red)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Peran Aktif Indonesia dalam Penyelesaian Perang Israel-Palestina

18 November 2023 - 11:34 WIB

KPU Tetapkan Tiga Paslon Capres dan Cawapres Pemilu 2024

13 November 2023 - 17:25 WIB

Pembuatan Saluran Drainase Jalan Parigi – Sukamanah oleh UPTDPJJ Seragon

9 November 2023 - 22:26 WIB

Atasi Genangan Dengan Crossing Drain Di Ruas Jalan Ciruas-Petir-Warunggunung

9 November 2023 - 21:54 WIB

Dinas PUPR Banten Penanganan Bahu Jalan Parigi-Sukamanah, Kendaraan Lebih Nyaman

8 November 2023 - 21:11 WIB

Perbaikan Geometrik Simpang Palima-Pasar Teneng

8 November 2023 - 09:55 WIB

Trending di Pemerintahan