Menu

Mode Gelap
Restu Prabowo untuk Andra-Dimyati di Pilgub Banten Ketua Harian DPP Gerindra Unggah Pasangan Andra-Dimyati untuk Pilgub Banten  KPU Tetapkan Tiga Paslon Capres dan Cawapres Pemilu 2024 Kemeriahan Puncak Dies Natalis UPG ke-3, Dihadiri Artis hingga Pejabat Daerah  Politikus Gerindra Desmond J Mahesa Meninggal Dunia

Kampus · 21 Nov 2022 09:15 WIB ·

Mengenal Baduy Lewat FISIP Explore goes to Baduy 2022


 Mengenal Baduy Lewat FISIP Explore goes to Baduy 2022 Perbesar

TIRTAYASA.ID, SERANG – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menggelar kegiatan FISIP Explore goes to Baduy 2022 pada 19-20 November 2022.

Kegiatan bertema The Next of The Journey ini dilaksanakan Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Minggu 20 November 2022.

Ketua Umum BEM FISIP Untirta, Muhamad Andi Reza mengatakan, kegiatan bertujuan memperkenalkan sekaligus melestarikan budaya Baduy lebih dekat kepada Mahasiswa FISIP Untirta.

BACA JUGA   Al Quran Surat Al Hujurat Ayat 13 Jadi Pesan Utama Pembukaan Piala Dunia 2022 Qatar 

“Kegiatan ini dilaksanakan selain untuk melihat keindahan alam Baduy, disisi lain belajar akan nilai-nilai kearifan lokal yang ada di masyarakat suku Baduy,” katanya.

Di tengah gempuran modernitas dan globalisasi saat ini, nilai budaya dasar yang dimiliki dan diyakininya memberikan banyak pelajaran berharga untuk masyarakat.

“Kearifan lokal di masyarakat Baduy ini memberikan banyak pelajaran berharga untuk masyarakat kita yang sudah banyak sekali termakan oleh modernitas,” katanya.

BACA JUGA   Valencia Bawa Ekuador Menang 2-0 Lawan Qatar pada Laga Pembuka Piala Dunia 2022

Ketua Pelaksana, Muhammad Nur Alhadi menjelaskan, agenda kegiatan diantaranya silaturahmi dengan masyarakat adat Baduy, bakti sosial dengan membagikan beras, sharing session bersama Jaro Cibeo, serta eksplor track baru menuju Baduy.

“Dari kegiatan ini tentunya kita bisa mengenal banyak hal, mulai dari aspek Sosial, Ekonomi, Politik, Budaya, dan kepercayaan masyarakat Baduy luar maupun baduy dalam secara langsung,” imbuhnya.

BACA JUGA   Studi Multikultural: Perspektif Pendidikan dan Budaya Masyarakat Adat Baduy dalam Menghadapi Kemajuan Teknologi

Ia berhadap, melalui kegiatan FISIP Explore goes to Baduy 2022 dapat memfasilitasi mahasiswa dan masyarakat umum untuk mengenal budaya Baduy dan mengambil konsep “Belajar dari Desa”. (*/red)

 

Artikel ini telah dibaca 79 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Optimalkan Pembelajaran Mahasiswa Pendidikan IPA Untirta Kembangkan LKPD Berbasis Digital untuk Siswa SMP

27 Juni 2024 - 19:22 WIB

Mahasiswa Untirta Masuk Nominasi 10 Mahasiswa Terinovasi dalam Pembuatan One Village One Product KKN Tematik Nasional

17 Juni 2024 - 09:03 WIB

Fakultas Kedokteran Untirta Jajaki Kerjasama dengan Salah Satu Kampus Amerika

13 Juni 2024 - 09:35 WIB

UNIPI dan Universitas Banten Teken Perjanjian Pendirian Tax Center

9 Juni 2024 - 10:18 WIB

Silaturahmi Satgas PPKS PTN-PTS Banten: Kolaborasi Perangi Kekerasan Seksual di Banten

24 April 2024 - 21:41 WIB

Santuni Yatim, Komunitas BJS rayakan Milad ke 13

2 Desember 2023 - 17:14 WIB

Trending di Organisasi