Menu

Mode Gelap
KPU Tetapkan Tiga Paslon Capres dan Cawapres Pemilu 2024 Kemeriahan Puncak Dies Natalis UPG ke-3, Dihadiri Artis hingga Pejabat Daerah  Politikus Gerindra Desmond J Mahesa Meninggal Dunia MK Tetapkan Pemilu 2024 Pakai Sistem Proporsional Terbuka, Waspadai Politik Uang  Pembangunan Tahap II Masjid Agung Ats Tsauroh Ditarget Rampung 2023

Citizen Journalism · 10 Nov 2022 18:00 WIB ·

Pemprov Banten Perkuat Fungsi Dasar Satgas PMK


 Rapat Koordinasi Satgas PMK Tingkat Provinsi Banten di Pendopo Gubernur Banten, Kota Serang, Rabu 9 November 2022. (IST) Perbesar

Rapat Koordinasi Satgas PMK Tingkat Provinsi Banten di Pendopo Gubernur Banten, Kota Serang, Rabu 9 November 2022. (IST)

TIRTAYASA.ID, SERANG – Pemprov Banten berupaya memperkuat fungsi dasar Satuan Tugas (Satgas) Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Tingkat Provinsi Banten dalam rangka mengoptimalisasi penanganan dan pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

“Kemarin kita sudah membentuk satuan tugas yang mungkin hari ini harus kita perkuat kinerja sehingga upaya pencegahan wabah ini bisa terpantau,” ujar Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten M Tranggono.

Tranggono membuka Rapat Koordinasi Satgas PMK Tingkat Provinsi Banten di Pendopo Gubernur Banten, Kota Serang, Rabu 9 November 2022.

Satgas PMK perlu kerjasama antara Satuan Tugas (Satgas) dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana sebagai upaya pengendalian penyakit agar tidak meluas.

BACA JUGA : Pemprov Banten Terus Perkuat Penanaman Nilai-Nilai Anti Korupsi

“Penyakit Mulut dan Kuku haruslah disikapi dengan serius, karena jika tidak dikendalikan akan membawa dampak yang luas,” jelasnya.

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten Agus M Tauchid mengatakan, pengendalian PMK di Provinsi Banten memerlukan komunikasi, informasi dan edukasi yang baik antar Satgas PMK.

“Perlu kita ingat kembali bahwa Satuan Tugas (Satgas) pengendali PMK ini bukan masalah antar dinas tapi masalah nasional yang harus kita kendalikan secara bersama-sama,” ujarnya.

Selain melakukan vaksin pada hewan populasi yakni sapi dan kerbau, Pemprov Banten akan melakukan vaksinasi pada kambing dan domba sebagai langkah pencegahan dan penyebaran PMK.

BACA JUGA : Pj Gubernur Banten Klaim Berhasil Tekan Inflasi, Stok Kebutuhan Pangan di Banten Dipastikan Aman

Pemerintah telah menyediakan kembali dosis vaksin sebanyak 135.000 akan disebarkan pada pertengahan November 2022.

“Vaksin PMK yang telah diterima oleh Provinsi Banten sendiri yakni 20.150 dosis dengan 6 kali dropping dan akan terus bertambah di bulan November ini,” ungkapnya. (rls)

BACA JUGA   Rangking FIFA Peserta Piala Dunia 2022 Qatar, Brasil Teratas, Ghana Terbawah
Artikel ini telah dibaca 13 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tujuh Manfaat Bangun Pagi untuk Kesehatan

3 Juni 2024 - 08:22 WIB

3M-Plus Cara Efektif Cegah Demam Berdarah 

30 Mei 2024 - 09:02 WIB

DPUPR Provinsi Banten Perbaiki Saluran Drainase di Ruas Jalan Palima-Pasar Teneng

30 April 2024 - 17:09 WIB

Berikut Berbagai Layanan JKN Selama Libur Lebaran 2024 

20 Maret 2024 - 14:45 WIB

Pemkot Serang Kembangkan Aplikasi Bayar Zakat

19 Maret 2024 - 22:48 WIB

Tujuh Manfaat Puasa Ramadhan untuk Kesehatan 

11 Maret 2024 - 12:34 WIB

Trending di Kesehatan