Menu

Mode Gelap
KPU Tetapkan Tiga Paslon Capres dan Cawapres Pemilu 2024 Kemeriahan Puncak Dies Natalis UPG ke-3, Dihadiri Artis hingga Pejabat Daerah  Politikus Gerindra Desmond J Mahesa Meninggal Dunia MK Tetapkan Pemilu 2024 Pakai Sistem Proporsional Terbuka, Waspadai Politik Uang  Pembangunan Tahap II Masjid Agung Ats Tsauroh Ditarget Rampung 2023

Nasional · 31 Agu 2023 16:55 WIB ·

Dukung Transisi Energi, KTT ASEAN ke-43 Optimalkan Penggunaan Kendaraan Listrik


 Dukung Transisi Energi, KTT ASEAN ke-43 Optimalkan Penggunaan Kendaraan Listrik Perbesar

JAKARTA – Dalam rangka mewujudkan transisi energi yang ramah lingkungan, Pemerintah terus berupaya untuk mengoptimalkan penggunaan kendaraan listrik dalam perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT ASEAN ke – 43.

Terkait hal tersebut, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) yang diwakili oleh Woojune Cha selaku President Director of PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) secara seremonial telah menyerahkan armada IONIQ 5 dan IONIQ 6 sebanyak 346 unit kepada Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia, Setya Utama.

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia, Setya Utama mengapresiasi langkah yang telah dilaksanakan PT HMID dalam menyukseskan KTT ASEAN ke – 43.

“Mobil ini akan digunakan untuk spouse (pasangan) para pemimpin negara-negara yang hadir. Kedua, untuk para menteri luar negeri negara ASEAN. Kemudian untuk para pasukan pengamanan (security) seperti paspampres,” kata Setya.

Setya melanjutkan pemerintah dan panitia nasional memiliki spesifikasi tertentu yang dibutuhkan terkait kendaraan resmi yang akan dipakai pada KTT, seperti desain eksterior maupun interior dan juga sisi kenyamanan. Begitu pula dengan kualitas baterai yang disesuaikan dengan daya tahan dan jarak tempuh.

“Akhir Agustus akan mulai dikirim dan akan di uji cobakan oleh paspampres yang akan bertanggung jawab mengemudikan IONIQ 5 dan IONIQ 6. Mereka akan dilatih mengenai pengenalan fungsi kendaraan dan pengalaman berkendara bagi seluruh aparat yang mengendarai unit tersebut selama perhelatan ini. Tentunya kemudian akan disterilkan untuk digunakan pada KTT,” tuturnya.

Panitia nasional, imbuh Setya, juga akan menyiapkan shuttle bus dan moda raya terpadu (MRT) sebagai fasilitas transportasi yang menghubungkan tempat akomodasi dengan lokasi acara yang mayoritas berada di kawasan Gelora Bung Karno (GBK).

Sebelumnya, Pemerintah juga telah menerima sekitar 36 mobil listrik jenis BMW i7 . Kendaraan tersebut rencananya akan digunakan para pemimpin negara KTT ASEAN ke-43.

BACA JUGA   54 Penjahat Jalanan Diringkus Polda Banten Dalam Operasi Jaran Maung 2022

Menteri Sekretaris Negara, Praktikno menyatakan bahwa Pemerintah mengapresiasi langkah yang telah digunakan BMW Group untuk membantu mewujudkan pengembangan ekosistem kendaraan listrik regional.

“Saya mengapresiasi sekaligus berterima kasih atas komitmen BMW untuk kembali terlibat dan memberikan dukungan pada Keketuaan Indonesia di ASEAN ke-43 yang akan digelar di Jakarta nanti,” katanya.

Sebagai informasi, KTT ASEAN ke -43 akan dilaksanakan di Jakarta pada 5-7 September 2023 mendatang. Tidak hanya dihadiri oleh pemimpin negara-negara Asia Tenggara, acara tersebut juga akan diikuti oleh sejumlah negara mitra seperti China, Jepang, Korea Selatan, Amerika Serikat, Australia dan India. (rls)

Artikel ini telah dibaca 22 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Peran Aktif Indonesia dalam Penyelesaian Perang Israel-Palestina

18 November 2023 - 11:34 WIB

KPU Tetapkan Tiga Paslon Capres dan Cawapres Pemilu 2024

13 November 2023 - 17:25 WIB

Siap Digelar, KTT AIS Menjadi Momentum Indonesia Kembangkan Ekonomi Biru

7 Oktober 2023 - 21:25 WIB

KTT AIS Forum 2023 Ajang Kolaborasi Negara Pulau-Kepulauan

6 Oktober 2023 - 14:41 WIB

KTT AIS Forum 2023, Forum Besar Negara Maritim Bakal Digelar di Bali

5 Oktober 2023 - 20:45 WIB

Rajut Potensi Pemuda Islam dan Ekonomi Syariah, Arief Rosyid Roadshow ke Pesantren di Jawa Timur

2 Oktober 2023 - 15:16 WIB

Trending di Nasional