Wiranto, Mardiono dan Dua Menteri Jokowi Masuk Dewan Penasehat Mathla’ul Anwar

0
Mathla'ul Anwar

Pengurus Besar MA 2021-2026 Diumumkan

TIRTAYASA.ID, SERANG – Pengurus Besar Mathla’ul Anwar (PBMA) mengumumkan susunan pengurus periode 2021-2026, di LeSemar hotel, 29 April 2021 bertepatan dengan 17 Ramadhan 1442 H. 

Rapat Formatur dipimpin langsung Ketua Umum terpilih, KH Embay Mulya Syarief. Dalam Struktur Organisasi baru terlihat sejumlah wajah baru. 

Di jajaran Dewan Penasehat, selain Wantimpres Jend. TNI (Purn) Wiranto sebagai ketua, nampak nama Wantimpres H.Mardiono, Menteri BUMN Erik Tohir, pengusaha Rahmat Gobel, Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, Prof. Dr. Rudi Heryanto, Jend (Purn) Taufiqurrahman Ruki, Jend. (Pur) Tb. Hasanudin.

Sedangkan Majelis Amanah diketuai oleh KH. Sadeli Karim. Di jajaran majelis ini ada pula nama peneliti senior Prof. Dr. Saiful Mujani, Sekjen Kemendagri Dr. Hudori, Rektor Unila Prof. Karomani, Prof Nizar Ali, dan lainnya.
Sementara di Majelis Fatwa, diketuai oleh KH. Bai Ma’mun, dengan sejumlah anggota, antara lain KH. Dr. Endang Syaiful Anwar, Prof. Soleh Hidayat, KH. Lili Mahriri, MA, dan lainnya.

Dalam tubuh Pengurus Besar, Ketua Umum KH Embay Mulya Syarief dibantu sejumlah nama yang akan menggerakkan roda organisasi. Di antaranya Waketum, H.M. Babay Sujawandi, Sekjen Dr.H.Jihadudin, dan Bendahara Umum, H. Pujiyanto.

Terdapat 10 Ketua dengan tanggung jawab yang dibidanginya. Untuk melengkapi kepengurusan itu, Ketum menempatkan Uday Suhada sebagai Sekretaris Eksekutif. Ini posisi baru dalam kepengurusan Mathla’ul Anwar. 

Ketua Umum PB MA Embay Mulya Syarief mengatakan, langkah awal kepengurusannya adalah membenahi organisasi. “InsyaAllah saya akan menggerakkan organisasi ini sebagaimana khittahnya, yakni Pendidikan, Dakwah dan Sosial,” katanya. 

“Karenanya fokus saya menginventarisasi madrasah-madrasah MA yang rusak untuk direvitalisasi,” tambah Embay. 

Embay mengatakan, selain itu juga pihaknya menyusun beberapa program strategis sebagai langkah untuk memperkuat peran sosial dan ekonomi organisasi.

Gebrakan Awal

Sejak terpilih sebagai Ketua Umum di arena Muktamar di Bogor 1-3 April lalu, Kyai Embay langsung melakukan gebrakan. Diantaranya meninjau satu MTs MA di Bogor yang langsung direnovasi atas bantuan Istri-istri Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selang beberapa hari bertemu dengan Dirut Indonesia Power bersama para General Manajer, untuk menjalin kerja sama jangka panjang. (rls)