Timun Suri Penggoda Saat Berpuasa, Ini Lima Manfaatnya

0
Ilustrasi

TIRTAYASA.ID – Timun Suri sajian buah musiman penghantar buka puasa selama bulan Ramadhan. Betapa tidak, buah ini bisa dengan mudah didapatkan dari pedagang di Pasar maupun pinggir jalan.

Kebanyakan timun suri diolah untuk dijadikan sajian menu takjil menjelang berbuka puasa. Sejatinya timun suri merupakan salah satu famili labu-labuan (Cucurbitaceae) sama seperti halnya blewah. Ukurannya lebih besar dan bentuknya lebih lonjong. Tekstur daging buahnya halus dan juga manis.

Mengutip detikfood, dalam 100 gram timun suri mengandung 16 kalori, 1,26 gram protein, 1.008 mg kalium, 96,32 gram air, 2,09 gram karbohidrat, 0,04 gram lemak, 768 mg kalsium, 0,89 gram serat, 24,86 mg vitamin C, dan 422 mg fosfor.

Sirup Marjan Muncul, Bulan Ramadan Telah Dekat?

Kandungannya, 90 persen dalam timun suri terdiri dari air. Tingginya kandungan air pada timun suri bermanfaat untuk metabolisme tubuh. Metabolisme ini sendiri merupakan proses reaksi kimia yang terjadi pada sel-sel tubuh. 

Selain itu, kandungan air timun suri mengandung glukosa dan fruktosa yang merupakan zat penghasil energi. Jadi, tak heran banyak orang yang mengawali berbuka puasa dengan buah yang satu ini.

Lebih lanjut, ternyata nutrisi yang terdapat pada timun suri memiliki khasiat bagi kesehatan, Bun. Dirangkum dari berbagai sumber, terdapat 5 fakta timun suri yang berdampak pada kesehatan. Penasaran?

Sumber Antioksidan untuk Menjaga Imunitas

Di saat pandemi virus corona (covid 19) seperti ini, ada baiknya Bunda memperbanyak konsumsi buah yang mengandung banyak vitamin, khususnya vitamin C. Timun suri mengandung banyak vitamin C yang merupakan sumber antioksidan yang membantu memperkuat sistem imunitas tubuh sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit.

Inilah Lima Tokoh Perubahan Tahun 2020 versi Republika, Siapa Saja Mereka?

Melancarkan Sistem Pencernaan

Susah sembelit merupakan masalah pokok gangguan pencernaan. Salah satu solusinya dengan cara mengonsumsi timun suri karena timun suri mengandung air dan serat yang memang baik untuk pencernaan.