Terkait Wacana Pembentukan BPIP Daerah, Ini Kata Bupati Iti

0
Bupati Lebak, Iti Octavia Jaya Baya.

TIRTAYASA.ID-LEBAK. Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengakui Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) sangat penting untuk dijaga dan dipelihara serta diamalkan. 

Bupati Iti berharap BPIP berkoordinasi dengan Kementrian dalam negeri untuk menambah fungsi Kesbangpol di daerah supaya PIP kepada masyarakat lebih efektif dibandingkan membentuk lembaga vertikal karena akan menelan anggaran cukup besar.

“Terkait dengan ide pembentukan instansi vertikal sebagai kepanjangan tangan BPIP, Ada dua alternative yg mungkin bisa menjadi solusi,” ujarnya melalui rilis kepada awak media. 

Kata Iti, kedua langkah tersebut yakni, pertama BPIP mendirikan instansi vertikal di propinsi dan kabupaten kota dengan konsekuensi, beban anggaran yang cukup besar untuk mendanai instansi vertikal di 548 propinsi dan kabupaten kota.

Kemudian, kedua berkoordinasi dengan Kemendagri untuk menambah fungsi Badan Kesbangpol di Provinsi dan Kabupaten Kota untuk Pembinaan Ideologi Pancasila. “Ini lebih efektif dan tidak membutuhkan dana yang besar,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Biro Hukum dan Organisasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Surahno, keberadaan perwakilan lembaga Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) di daerah sangat Penting.

Menurutnya lembaga vertikal tersebut sebagai kepanjangtanganan BPIP yang memiliki tugas pokok dan fungsinya untuk Pendidikan Ideologi Pancasila kepada masyarakat di Indonesia sehinga diharapkan target PIP tercapai. (rls)