Menu

Mode Gelap
Restu Prabowo untuk Andra-Dimyati di Pilgub Banten Ketua Harian DPP Gerindra Unggah Pasangan Andra-Dimyati untuk Pilgub Banten  KPU Tetapkan Tiga Paslon Capres dan Cawapres Pemilu 2024 Kemeriahan Puncak Dies Natalis UPG ke-3, Dihadiri Artis hingga Pejabat Daerah  Politikus Gerindra Desmond J Mahesa Meninggal Dunia

Daerah · 29 Okt 2020 03:12 WIB ·

Menelaah Pernyataan Ade Hidayat dan Ade Sumardi Terkait Pemekaran DOB Cilangkahan


 Menelaah Pernyataan Ade Hidayat dan Ade Sumardi Terkait Pemekaran DOB Cilangkahan Perbesar

Refleksi Hari Sumpah Pemuda 2020 

Oleh: Agus Hiplunudin 

Hari ini 28 Oktober bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda. Pemuda merupakan penggerak roda perubahan. Dialektika sejarah bangsa Indonesia tidak akan terlepas dari kiprah para pemuda. Dari mulai pergerakan pembentukan negara bangsa yang tersimbolisasi melalui Sumpah Pemuda. 

Pergerakan kemerdekaan pada masa revolusi Indonesia yang tersimbolisasi melalui pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia, hingga gerakan reformasi yang tersimbolisasi lengsernya Orde Baru—kesemuanya merupakan hasil jerih payah kaum muda.

Begitu pula terkait Calon DOB (Daerah Otonomi Baru) Cilangkahan perwujudannya memerlukan kiprah kaum muda hal itu sudah terwakili dengan adanya organisasi bernama Bakor PKC (Badan Koordinasi Pembentukan Kabupaten Cilangkahan) mereka yang tergabung dalam Bakor PKC merupakan kumpulan orang-orang yang mewarisi kejiwa mudaan.

Perjuangan pemekaran DOB Cilangkahan dari kabupaten induknya yakni Lebak mengalami dialektika hingga diberlakukannya moratorium  oleh Presiden Joko Widodo sejak tahun 2014 silam. Namun, semangat perjuangan tersebut terus menyala khususnya pada kalangan kaum muda Cilangkahan dan mereka menamai dirinya BBC (Barisan Bersatu untuk Cilangkahan). 

Hal itu tercermin ketika BBC mengadakan Webinar Nasional dengan tema; “Urgensi DOB Cilangkahan dalam Bayang Moratorium” acara tersebut dihadiri secara langsung oleh Wakil Bupati Lebak, Haji Ade Sumardi.

Pada kesempatan lain penulis menjadi narasumber pada acara Webinar yang diadakan PERMAHI Banten dengan tema; “Tinjauan Yuridis dan Historis tentang Daerah Otonomi Baru Cilangkahan, Cibaliung dan Caringin”.

Adapun salah satu narasumbernya yakni Ade Hidayat wakil rakyat asal kawasan Cilangkahan, menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Banten. Adapun yang menarik bagi penulis mengenai pernyataan kedua tokoh selatan tersebut yaitu Ade Hidayat dan Ade Sumardi.

BACA JUGA   Investasi Hulu Migas di Indonesia Memiliki Prospek Cerah

Saya mulai dari Ade Hidayat, dalam Webinar PERMAHI Banten yang diselenggarakan Jumat (16/10) ia mengemukakan bahwa pemekaran daerah Cilangkahan merupakan kehendak masyarakat Lebak Selatan, mereka menginginkan pemerataan pembangunan, kemudahan akses pelayanan publik dan pelayanan kesehatan. 

Dalam hal ini Ade Hidayat juga mengemukakan bahwa harus ada dukungan yang kongkrit untuk pembentukan DOB Cilangkahan dari pemerintahan kabupaten Induk dalam hal ini yakni Kabupaten Lebak, dari mulai pengadaan tanah untuk calon pusat pemerintahan hingga pendanaan penyelanggaraan pemerintah lainnya.

Beranjak pada pernyataan Wakil Bupati Lebak yaitu Ade Sumardi ketika menghadiri acara Webinar BBC pada Selasa (20/10), ia juga mengemukakan bahwasanya pemekaran DOB Cilangkahan merupakan suatu kebutuhan dan itu menjadi suatu keharusan, dalam konteks ini secara gamlang Ade Sumardi mendukung pemekaran daerah DOB Cilangkahan.

Dari pernyataan kedua tokoh masyarakat tersebut, mereka mendukung pemekaran daerah DOB Cilangkahan. Mereka pun sangat mengapresiasi perjuangan para kaum muda, sebab mereka sadar bahwa kekuatan kaum muda merupakan kekuatan yang amat besar bagi untuk perubahan. (*)

)* Penulis adalah Akademisi STIA Banten dan Aktivis BBC

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Restu Prabowo untuk Andra-Dimyati di Pilgub Banten

30 Juni 2024 - 15:25 WIB

PDI Perjuangan Kota Serang Solidkan Kader Menangkan Pilkada 2024 

28 Juni 2024 - 17:23 WIB

Ketua Harian DPP Gerindra Unggah Pasangan Andra-Dimyati untuk Pilgub Banten 

27 Juni 2024 - 11:06 WIB

DPUPR Banten Perbaiki Jalan di Ruas Pakupatan-Palima

19 Juni 2024 - 13:48 WIB

Hari Raya Idul Adha, Pemkot Serang Salurkan 76 Ekor Hewan Qurban

17 Juni 2024 - 09:29 WIB

KPU Banten Luncurkan Maskot dan Jingle Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten 2024

2 Juni 2024 - 09:23 WIB

Trending di Banten Politika