Menu

Mode Gelap
KPU Tetapkan Tiga Paslon Capres dan Cawapres Pemilu 2024 Kemeriahan Puncak Dies Natalis UPG ke-3, Dihadiri Artis hingga Pejabat Daerah  Politikus Gerindra Desmond J Mahesa Meninggal Dunia MK Tetapkan Pemilu 2024 Pakai Sistem Proporsional Terbuka, Waspadai Politik Uang  Pembangunan Tahap II Masjid Agung Ats Tsauroh Ditarget Rampung 2023

Daerah · 20 Nov 2022 14:12 WIB ·

Waspadai Anggota Parpol di Rekrutmen PPK Kota Serang, Download Persyaratannya Disini


 Pengumuman Rekruitmen PPK KPU Kota Serang. Perbesar

Pengumuman Rekruitmen PPK KPU Kota Serang.

TIRTAYASA.ID, KOTA SERANG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Serang meminta agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengantisipasi masuknya anggota dan pengurus partai politik (Parpol) ikut mendaftar sebagai Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Badan Ad Hoc Pemilu.

KPU Kota Serang diberikan waktu untuk mengumumkan pendaftaran calon PPK mulai 20-24 November 2022. Kemudian, tahapan selanjutnya berlangsung – 16 Desember 2022. Kemudian, dilanjutkan dengan Panitia Pemungutan Suara (PPS) tersebar di 67 Kelurahan.

Ketua Bawaslu Kota Serang Faridi mengatakan, hasil pemetaan dan harus tetap menjadi perhatian KPU dalam proses rekrutmen PPK yaitu terkait dengan penetapan syarat yang jelas.

BACA JUGA   KPU Buka Pendaftaran PPK dan Badan Ad Hoc, Berikut Caranya

“Perlu diwaspadai terkait adanya calon yang terdaftar sebagai anggota dan pengurus parpol,” ujarnya, Minggu 20 N0vember 2022

Selain surat pernyataan yang ditandangani peserta, pihaknya berharap proses pengecekan melalui NIK di Sistem Informasi Parpol (Sipol) bisa dimanfaatkan secara maksimal.

“Sekarang bisa lewat Sipol. Makanya, kami tekankan agar proses seleksi dimulai dari administrasi harus dilakukan dengan ketat,” katanya.

Pemanfaatan aplikasi SIAKBA sebagai alat untuk mempermudah pendaftaran peserta diharapkan, KPU tetap memfasilitasi calon peserta yang kesulitan mengakses website.

BACA JUGA   Rangking FIFA Peserta Piala Dunia 2022 Qatar, Brasil Teratas, Ghana Terbawah

“Karena ini datanya terpusat. Jadi, harus ada langkah antisipasi dari KPU,” katanya.

Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, KPU Kota Serang, Fahmi Musyafa mengatakan, SIAKBA dibentuk tim KPU RI bertujuan untuk mempermudah calon peserta seleksi Badan Ad Hoc KPU.

“Tujuannya ini untuk mempermudah, kemudian alat bantu dan database  badan ad hoc KPU,” terangnya.

Download Disini Berkas Persyaratan PPK KPU Kota Serang

Terkait dengan antisipasi adanya anggota dan pengurus Parpol yang masuk PPK. Fahmi mengaku keberadaan aplikasi SIAKBA memiliki kelebihan untuk mengantisipasi hal tersebut. Aplikasi SIAKBA terintegrasi dengan Sipol.

“Aplikasi ini bisa mengantisipasi adanya anggota parpol yang daftar menjadi penyelenggara,” katanya.

“Pelamar (PPK) nanti akan menerima keterangan apabila NIKnya terdaftar menjadi anggota dan pengurus Parpol. Sehingga, pelamar diberikan kesempatan untuk melakukan klarifikasi,” terangnya. (*/rls)

Artikel ini telah dibaca 159 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

KPU Banten Luncurkan Maskot dan Jingle Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten 2024

2 Juni 2024 - 09:23 WIB

KPU Banten Tetapkan 100 Anggota DPRD Banten Hasil Pemilu 2024

2 Mei 2024 - 21:47 WIB

DPUPR Provinsi Banten Perbaiki Saluran Drainase di Ruas Jalan Palima-Pasar Teneng

30 April 2024 - 17:09 WIB

Pemkot Serang Kembangkan Aplikasi Bayar Zakat

19 Maret 2024 - 22:48 WIB

Dapil Cipocokjaya Kota Serang, Kursi Golkar dan Gerindra Digeser PDI Perjuangan dan PPP

29 Februari 2024 - 22:22 WIB

Kelompok Muda di Banten: Anak Muda Jangan Salah Pilih Capres-Cawapres 2024

24 Desember 2023 - 17:21 WIB

Trending di Politik