Menu

Mode Gelap
KPU Tetapkan Tiga Paslon Capres dan Cawapres Pemilu 2024 Kemeriahan Puncak Dies Natalis UPG ke-3, Dihadiri Artis hingga Pejabat Daerah  Politikus Gerindra Desmond J Mahesa Meninggal Dunia MK Tetapkan Pemilu 2024 Pakai Sistem Proporsional Terbuka, Waspadai Politik Uang  Pembangunan Tahap II Masjid Agung Ats Tsauroh Ditarget Rampung 2023

Nasional · 20 Okt 2022 14:02 WIB ·

Dua Kali Kunjungi Banten, Gus Muhaimin Iskandar Lakukan Ini


 Dua Kali Kunjungi Banten,  Gus Muhaimin Iskandar Lakukan Ini Perbesar

TIRTAYASA.ID – Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Gus Muhaimin Iskandar dua kali di Oktober 2022 berkunjung ke Banten.

Pria asal Jombang Jawa Timur itu, menghadiri dua agenda. Pertama, Safari Hari Santri Nasional (HSN) pada 15-16 Oktober 2022. Kunjungan, Gus Muhaimin berlangsung ke Ponpes Mathlaul Anwar Linahdlatil Ulama (Malnu), Menes Kabupaten Pandeglang.

Kemudian, dilanjutkan ke Masjid Agung Kesultanan Banten menghadiri Maulid Nabi dan Peringatan HSN Tahun 2022. Esok harinya, Gus Muhaimin mendatangi Ponpes Riyadlul Jannah, Kresek, Kabupaten Tangerang.

Pria yang juga Wakil Ketua DPR RI itu mengatakan, negara tidak akan lalai dan abai pada kemajuan dan kesejahteraan pesantren dan santri. Sehingga, melalui HSN merupakan momentum untuk para santri dan pesantren terus maju.

“Kalau santri Indonesia maju, kalau santri Indonesia makmur, maka bangsa Indonesia tentu saja akan makmur. Sehingga negara, pemerintah, tidak boleh abai, lalai,” ujar Gus Muhaimin.

Kemudian, secara konstitusi negara pemerintah harus wajib mendorong, menciptakan, menguatkan pesantren dan santri santrinya. Tak hanya itu, makna santri saat ini tak terlepas dari tiga kesucian santri yang sejak dahulu hingga kini terus terjaga. Yaitu, suci pikiran, suci hari dan suci perilaku atau akhlak.

“Siapapun dia, yang secara ikhlas dan tulus menjadi bagian pengajaran dari pendidikan dan keutamaan akhlak, itulah santri. Dan Insya Allah mayoritas dari bangsa ini adalah santri,” terangnya.

Ia menceritakan, dirinya dan beberapa tokoh yang mengawali karirnya dari santri. Dimana mengalami masa-masa sulit mengikuti berbagai perjuangan NU, perjuangan Ahlussunnah wal jamaah sampai era reformasi.

“Begitu reformasi, semua terbuka luas, (santri-red) bisa berpartisipasi, bisa berkiprah, di dunia pemerintahan, legislatif, eksekutif dan berbagai profesi, dengan demokrasi itu maka terbuka luas, siapapun yang berkualitas,” katanya.

BACA JUGA   UU Cipta Kerja Memberikan Kontribusi Positif Bagi UMKM

“Maka, dia akan bisa menentukan dan menjadi pemenang di negeri ini. Karena itu, kita canangkan Hari Santri Nasional sebagai hari santri Indonesia harus bermutu dan berkualitas,” imbuh Gus Muhaimin.

Kata dia, saat ini tak kurang dari 5 juta santri di 28.000 pesantren seluruh Indonesia adalah generasi penerus bangsa yang perlu mendapatkan dukungan dan fasilitas dari negara.

“Mereka ini adalah masa depan kita. Mereka harus terus mendapatkan dukungan dan dorongan dan fasilitas dari pemerintah,” terangnya.

Ia mengutarakan dua pesan terkait peringatan HSN 2022. Pertama, Indonesia punya potensi bonus demografi yang sangat besar. Ia menyatakan kaum muda merupakan kekuatan yang punya potensi besar di berbagai bidang.

“Dan santri juga pesantren selain berperan di pendidikan, juga menjadi kekuatan ekonomi sektor informal, ekonomi menengah di setiap pesantren,” katanya.

Gus Muhaimin menjelaskan, Safari HSN Tahun 2022 ini dilaksanakan untuk merapatkan barisan, maju bersama. Baginya, proses panjang sebagai santri tak lepas dari cobaan hidup, sehingga santri harus bersatu menuju bahagia dan sejahtera.

Kedua, Gus Muhaimin, Senin 17 Oktober 2022 meresmikan Gedung baru DPW PKB Provinsi Banten, di Cipocok Jaya, Kota Serang. Gus Muhaimin itu berharap, peresmian Gedung DPW PKB Provinsi Banten dapat meningkatkan kinerja partai di daerah.

“Semoga kantor ini menjadi berkah,” singkat Muhaimin.

Diketahui, Gedung permanen milik PKB tersebut dibangun di atas lahan 480 meter persegi dengan menghabiskan anggaran Rp5 miliar selama 2,5 tahun. Dana tersebut berasal dari iuran wakil rakyat serta pengurus DPW dan DPC PKB se-Banten selama 2,5 tahun. (red)

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Dapil Cipocokjaya Kota Serang, Kursi Golkar dan Gerindra Digeser PDI Perjuangan dan PPP

29 Februari 2024 - 22:22 WIB

Kelompok Muda di Banten: Anak Muda Jangan Salah Pilih Capres-Cawapres 2024

24 Desember 2023 - 17:21 WIB

Aliansi BEM Banten Bersatu Deklarasi Pemilu Damai 

22 Desember 2023 - 13:40 WIB

Caleg DPR RI Partai Demokrat Haris, Nilai Positif Kunjungan Prabowo Ke Banten

3 Desember 2023 - 20:25 WIB

Peran Aktif Indonesia dalam Penyelesaian Perang Israel-Palestina

18 November 2023 - 11:34 WIB

KPU Tetapkan Tiga Paslon Capres dan Cawapres Pemilu 2024

13 November 2023 - 17:25 WIB

Trending di Nasional