Menu

Mode Gelap
KPU Tetapkan Tiga Paslon Capres dan Cawapres Pemilu 2024 Kemeriahan Puncak Dies Natalis UPG ke-3, Dihadiri Artis hingga Pejabat Daerah  Politikus Gerindra Desmond J Mahesa Meninggal Dunia MK Tetapkan Pemilu 2024 Pakai Sistem Proporsional Terbuka, Waspadai Politik Uang  Pembangunan Tahap II Masjid Agung Ats Tsauroh Ditarget Rampung 2023

Ekonomi · 31 Okt 2022 00:00 WIB ·

Dorong Pembangunan Ekonomi Kreatif Jadi Prioritas


 Dorong Pembangunan Ekonomi Kreatif Jadi Prioritas Perbesar

TIRTAYASA.ID, KOTA CILEGON – Pembangunan Ekonomi Kreatif menjadi salah satu prioritas pembangunan pemerintah daerah.

Demikian terungkap dalam Creativ Talk yang menjadi bagian dari rangkaian Kongres Kreatif Ke-2 bertajuk ‘Cilegon Geger MMXXII’ dengan tema ‘Padamu Negeri, Kami Berkolaborasi’.

Kegiatan tersebut gagas Forum Ekonomi Kreatif (Fekraf) Banten bertempat di Soroso Mall Terminal Eksekutif, Merak, Kota Cilegon, 27-29 Oktober 2022.

Ada beberapa kegiatan menjadi rangkaian lainnya, yakni Pembacaan Sumpah Pemuda, Bazaar Produk Ekraf Lokal, Penampilan Musik, hingga Creative Leader.

Acara ini dihadiri oleh masyarakat lintas Komunitas, seniman, pemerintah daerah, aktivis, pegiat sosial, pegiat literasi, Musisi, akademisi, wartawan, mahasiswa, aktivis lerempuan, pemuda dan masyarakat yang merepresentasikan stakeholders dalam hexahelix.

Asisten Daerah II Kota Cilegon, Dikrie Maulawardana mengungkapkan, ekonomi kreatif salah satu sektor pembangunan ekonomi yang sangat penting. Menurutnya aktivasi ekonomi kreatif di kota Cilegon sudah mampu mengaktivasi 10 dari 17 sub sektor.

“10 dari 17 sub sektor ekonomi kreatif yang merupakan turunan dari kementrian pariwisata, diantaranya seni pertunjukan, musik, fashion, dan lain sebagainya,” ujarnya.

“Salah satu kegiatan yang rutin diadakan oleh Pemkot Cilegon yaitu car free day kita harapkan sebagai wadah untuk para pelaku ekonomi kreatif,” tambah Dikrie.

Menurut Dikrie, usai menghadiri kegiatan Kongres kreatif ini, pihaknya akan berupaya memaksimalkan apa saja yang harus Pemkot Cilegon lakukan pada sektor ekonomi kreatif.

“Ekonomi kreatif sudah mulai harus menjadi tulang punggung ekonomi di kota Cilegon sebagai kota urban dengan banyak pendatang,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Serang, Nanang Saefudin menungkapkan, pemerintah memang harus terjun langsung menyaksikan geliat para pelaku ekonomi kreatif.

“Kehadiran saya disini sebagai representasi dari pemerintah kota serang adalah salah satu langkah untuk dapat mensupport langsung aktivitas para pelaku ekonomi kreatif,” katanya.

BACA JUGA   Indonesia Moeda Banten, Bagikan Kain Sarung dan Sembako Ke Marbot Masjid di Kota Serang

Menurut Nanang, Pemkot Serang selama ini berkomitmen terhadap pembangunan ekonomi kreatif di kota Serang. Hal ini ditunjukkan dengan terbentuknya Komite Ekonomi Kreatif di Kota Serang.

“Kami berkomitmen mengawal terbentuknya komite ekonomi kreatif di kota serang, agar seluruh pelaku ekonomi kreatif dapat lebih maksimal dalam berkreatifitas untuk pembangunan Kota Serang,” katanya.

Kegiatan Kongres Kreatif II didukung Sosoro Mall, ASDP Merak, Puwnten, Pemerintah Kota Serang, Pemerintah Provinsi Banten, serta para pelaku ekraf, talent, dan seluruh pihak yang mendukung sepenuh hati, katanya saat sambutan. (rls)

Artikel ini telah dibaca 19 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Momen Libur Lebaran Perdana, KCIC Operasikan 52 Perjalanan Whoosh Per Hari

5 April 2024 - 22:04 WIB

Simak Aturan Bagasi Kereta Cepat Whoosh, Penumpang di Himbau Membawa Barang Sesuai Aturan

2 April 2024 - 21:18 WIB

Gelar Pasar Takjil, BMS Creative; Wujud Nyata Mendorong Pelaku UMKM Berkembang

28 Maret 2024 - 19:51 WIB

Jelang Idul Fitri, Harga Daging Sapi di Kota Serang Diperkirakan Tembus Rp180 Ribu Per Kilogram 

27 Maret 2024 - 23:17 WIB

Alfamart Cabang Serang Ajak Buka Bersama Member Loyal

23 Maret 2024 - 20:19 WIB

Per Februari 2024, Pajak Usaha Ekonomi Digital Capai Rp22,179 Triliun 

14 Maret 2024 - 19:41 WIB

Trending di Ekonomi