Menu

Mode Gelap
KPU Tetapkan Tiga Paslon Capres dan Cawapres Pemilu 2024 Kemeriahan Puncak Dies Natalis UPG ke-3, Dihadiri Artis hingga Pejabat Daerah  Politikus Gerindra Desmond J Mahesa Meninggal Dunia MK Tetapkan Pemilu 2024 Pakai Sistem Proporsional Terbuka, Waspadai Politik Uang  Pembangunan Tahap II Masjid Agung Ats Tsauroh Ditarget Rampung 2023

Daerah · 13 Sep 2022 13:10 WIB ·

Apdesi Lebak Dukung Pemprov Banten Tambah Anggaran Proyek Jalan Lingkungan


 Apdesi Lebak Dukung Pemprov Banten Tambah Anggaran Proyek Jalan Lingkungan Perbesar

TIRTAYASA.ID, LEBAK – Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Lebak, mendukung langkah Pemprov Banten yang mengalokasikan anggaran dari APBD Banten untuk penanganan jalan lingkungan di setiap desa.

Ketua Apdesi Kabupaten Lebak Usep Pahlaludin mengatakan, sebanyak 1.238 desa di Provinsi Banten mayoritas jalan lingkungan membutuhkan penanganan. Jika hanya berharap dari dana desa, kata Usep, tidak akan mencukupi untuk memperbaiki kerusakan jalan.

“Makanya kami masih berharap bantuan dana dari kabupaten dan provinsi. Saat ini yang kami rasakan, program pembangunan jalan yang digulirkan Pemprov Banten melalui Dinas PRKP, sangat membantu desa, terutama desa-desa yang masih banyak jalan lingkungan yang rusak,” ujar Usep melalui siaran pers, Selasa 13 September 2022. 

Menanggapi adanya kritikan dari segelintir pihak yang meminta agar Pemprov Banten menghentikan program tersebut, menurut Usep sudah salah kaprah dan tidak memahami kondisi sebenarnya di desa-desa yang ada di Provinsi Banten.

“Ada pihak yang meminta Pemprov menghentikan program tersebut saya pikir ngaco. Sudah jelas kok di desa kami masih banyak jalan yang rusak parah baik jalan lingkungan maupun jalan desanya,” imbuhnya.

Senada dikatakan Sekretaris Apdesi Kabupaten Lebak, Rafik Rahmat Taufik. Menurut Rafik, adanya program penanganan jalan lingkungan yang digulirkan oleh Pemprov Banten sejak beberapa tahun lalu, merupakan solusi terbaik bagi desa-desa di Provinsi Banten.

“Ratusan desa di Kabupaten Lebak banyak yang terbantu dengan adanya program dari PRKP Banten. Program itu solusi terbaik bagi desa-desa yang masih banyak jalan rusak di wilayahnya,” kata Rafik yang juga Kepala Desa Bayah Timur itu.

Makanya kata Rafik, tidak ada alasan apapun Pemprov Banten menghentikan program tersebut, bahkan bila perlu anggarannya ditambah dua kali lipat. Di sisi lain Rafik bersepakat, jika kualitas dan kuantitas harus tetap dijaga dalam pelaksanaannya. Terlebih selama program itu bergulir, tidak sedikit pihak ketiga yang terkena masalah hukum.

BACA JUGA   Pemerataan Pemulihan Ekonomi Lewat Pinjaman APBD 2021

“Dinas PRKP harus benar-benar selektif memilih pihak ketiga yang akan melaksanakan program jalan lingkungan. Jangan sampai program ini dimanfaatkan oleh para pihak untuk mengeruk keuntungan, tapi mengesampingkan kualitas,” katanya. 

“Dinas PRKP pun harus mengoptimalkan peran konsultan pengawas, agar pihak ketiga tidak main-main saat melaksanakan kegiatannya,” tambah Rafik.

Diberitakan sebelumnya, Plt Gubernur Banten Al Muktabar, diminta menghentikan proyek jalan lingkungan di Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Provinsi Banten oleh segelintir pihak, karena dianggap tidak sesuai dengan UU nomor 2 tahun 2015 tentang Pemerintahan Daerah. (rls)

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pemkot Serang Kembangkan Aplikasi Bayar Zakat

19 Maret 2024 - 22:48 WIB

Santuni Yatim, Komunitas BJS rayakan Milad ke 13

2 Desember 2023 - 17:14 WIB

Peran Aktif Indonesia dalam Penyelesaian Perang Israel-Palestina

18 November 2023 - 11:34 WIB

Ekstrakurikuler Mading SMKN 6 Kota Serang Gelar Diklat Jurnalistik

11 November 2023 - 14:28 WIB

Pembuatan Saluran Drainase Jalan Parigi – Sukamanah oleh UPTDPJJ Seragon

9 November 2023 - 22:26 WIB

Atasi Genangan Dengan Crossing Drain Di Ruas Jalan Ciruas-Petir-Warunggunung

9 November 2023 - 21:54 WIB

Trending di Pemerintahan