Menu

Mode Gelap
KPU Tetapkan Tiga Paslon Capres dan Cawapres Pemilu 2024 Kemeriahan Puncak Dies Natalis UPG ke-3, Dihadiri Artis hingga Pejabat Daerah  Politikus Gerindra Desmond J Mahesa Meninggal Dunia MK Tetapkan Pemilu 2024 Pakai Sistem Proporsional Terbuka, Waspadai Politik Uang  Pembangunan Tahap II Masjid Agung Ats Tsauroh Ditarget Rampung 2023

Daerah · 12 Nov 2022 12:14 WIB ·

27 Kasus Tawuran di Banten Melibatkan Anak Di Bawah Umur


 27 Kasus Tawuran di Banten Melibatkan Anak Di Bawah Umur Perbesar

Temuan Kasus Mei – November 2022

TIRTAYASA.ID, SERANG – Komisi Nasional Perlindungan (Komnas) Anak Provinsi Banten mencatat ada sekitar 27 kasus tawuran di wilayah Provinsi Banten, pada Mei hingga November 2022.

Kasus tawuran yang tercatat, ternyata melibatkan ratusan anak-anak di bawah umur. Bahkan, empat diantaranya meninggal dunia.

BACA JUGA : HUT ke 56 Tahun, Kahmi Kolaborasi Dukung Sektor Kelautan dan Perikanan

Ketua Komnas Anak Provinsi Banten Hendry Gunawan mengatakan, catatan dan data Komnas Anak Provinsi Banten, sepanjang tahun 2022, ada sekitar 27 kasus tauran yang terjadi di sejumlah wilayah di Provinsi Banten.

“Dari jumlah itu, ada sekitar 285 anak yang terlibat tauran dan kekerasan berkelompok,” katanya saat ditemui di ruangan kerjanya di bilangan Ciracas, Kota Serang, Jum’at 11 Novembet 2022.

Tauran dan penyerangan yang melibatkan anak bawah umur itu, menyebabkan 13 anak mengalami luka berat maupun luka ringan, serta 4 orang meninggal dunia.

“Untuk kasus meninggal terjadi di Kota Serang, Kota Tangerang, dan Kabupaten Tangerang,” ujarnya.

BACA JUGAPemprov Banten Perkuat Fungsi Dasar Satgas PMK

Gunawan menjelaskan, agar peristiwa tauran itu tidak terulang, baik orangtua, sekolah hingga seluruh stakeholder bersama-sama mencegah terjadinya peristiwa tersebut.

“Semua instansi terkait harus terlibat dalam semua permasalahan ini, khususnya berkaitan dengan anak,” katanya.

Ia mengungkapkan dalam meminimalisir peristiwa itu, perlu adanya sosialisasi dan penyuluhan terhadap anak pelaku tauran melalui keluarga, maupun sekolah.

BACA JUGA : Pj Gubernur Banten Klaim Berhasil Tekan Inflasi, Stok Kebutuhan Pangan di Banten Dipastikan Aman

“Saat ini kami dari Komnas Anak Provinsi Banten sedang berkoordinasi dengan Dinas Sosial Provinsi Banten dan Komisi V DPRD Banten,” katanya.

BACA JUGA   Szczesny Kalah Taruhan dari Messi di Pertandingan Polandia vs Argentina 

“Kami menyusun program pencegahan dan penanganan bertajuk Rehabilitasi Sosial Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) di dalamnya anak-anak yang terindikasi terlibat kekerasan berkelompok maupun tauran akan dilakukan pembinanaan berkelanjutan,” tambahnya.

Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Banten, Budi Dharma mengatakan, pihaknya akan memfokuskan membina anak-anak yang berhadapan dengan hukum melaluo program kolaborasi penanganan anak yang terlibat tauran dan Gengster.

“Kami berharap anak-anak yang terindikasi terlibat tawuran dapat dibina dan kembali menjadi anak-anak yang disiplin, menjauhi kekerasan, serta menghormati orang tua dan guru,” katanya.

BACA JUGAMemperingati Hari Pahlawan Tahun 2022, Walikota Serang: Lawan Kita adalah Kemiskinan dan Kebodohan

Ketua Komisi V DPRD Provinsi Banten Yeremia Mendrofa mengaku mendukung program yang diinisiasi oleh Komnas Anak Provinsi Banten.

“Dalam beberapa kesempatan saya terjun langsung ke sekolah untuk memberikan pemahaman serta motivasi supaya anak-anak tidak terlibat tawuran, kekerasan, bullying, diskriminasi, Napza, pergaulan bebas dan kegiatan negatif yang merusak masa depan,” katanya.

Yeremia berharap program ini dapat menjadi program bersama dan menjadi focus pemerintah dalam penanganan anak-anak yang berhadapan dengan hukum. (-/rls)

Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pemkot Serang Kembangkan Aplikasi Bayar Zakat

19 Maret 2024 - 22:48 WIB

Peran Aktif Indonesia dalam Penyelesaian Perang Israel-Palestina

18 November 2023 - 11:34 WIB

Pembuatan Saluran Drainase Jalan Parigi – Sukamanah oleh UPTDPJJ Seragon

9 November 2023 - 22:26 WIB

Atasi Genangan Dengan Crossing Drain Di Ruas Jalan Ciruas-Petir-Warunggunung

9 November 2023 - 21:54 WIB

Dinas PUPR Banten Penanganan Bahu Jalan Parigi-Sukamanah, Kendaraan Lebih Nyaman

8 November 2023 - 21:11 WIB

Perbaikan Geometrik Simpang Palima-Pasar Teneng

8 November 2023 - 09:55 WIB

Trending di Pemerintahan