Mendekatkan Layanan Perpustakaan ke Masyarakat

0

TIRTAYASA.ID, LEBAK – Pandemi covid 19 yang tengah melanda hampir sebagian besar masyarakat dunia, termasuk Indonesia telah menghambat berbagai aktifitas masyarakat.

Pemerintah harus tetap berupaya memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan melakukan adaptasi dengan situasi yg sedang berlangsung.

Protokol kesehatan diterapkan sebagaimana anjuran pemerintah serta melalui berbagai proses perizinan dari satgas covid 19 agar kegiatan tetap bisa berjalan. 

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten kembali menggelar kegiatan peningkatan minat baca masyarakat. 

Bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Lebak, Pemerintah Desa Lebak Tipar dan Gerakan Muda Cendikia Cilograng, mengadakan kegiatan Pelatihan Jurmalis Kampung, mendongeng di TBM serta nonton film edukatif di desa Lebak Tipar Cilograng. 

Kegiatan ini selain bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat, juga untuk mendekatkan pelayanan perpustakaan kepada masyarakat ditengah keterbatasan yang terjadi saat ini. Diharapkan melalui kegiatan ini, proses pengayaan masyarakat tetap dapat dilaksanakan. 

Hadir dalam kegiatan ini para pegiat literasi di Banten khusunya Kabupaten Lebak Budi Harsoni, Tono Sumarsono dan Dece Aryadi. Disamping itu hadir dari DPK kabupaten lebak serta dari pustakawan DPK Provinsi Banten. Sedangkan para peserta yang hadir adalah para pegiatan literasi di Cilograng dan Bayah. 

Para pembicara yang hadir berupaya untuk menumbuhkan semangat dan penguatan terhadap aktifitas relawan dalam melaksanakan gerakan literasi di tengah lingkungannya. 

“Penguatan literasi tetap harus dilakukan secara berkesinambungan, untuk menyiapkan genarasi yang siap menjadi pewaris bangsa ini dimasa depan” ujar Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Banten, Usman Asshidiqi Qohara, Sabtu (24/4).

Kegiatan lain yang dilakukan selama dua hari di Desa Lebak Tipar, Cilograng Lebak ini, adalah sharing informasi tetang kegiatan-kegiatan litetasi di Provinsi Banten dilakukan dengan memanfaatkan platform digital, melalui acara siaran podcast berlangsung antara gerakan muda cendikia dengan para pustakawan Provinsi Banten. (rls)