Menu

Mode Gelap
KPU Tetapkan Tiga Paslon Capres dan Cawapres Pemilu 2024 Kemeriahan Puncak Dies Natalis UPG ke-3, Dihadiri Artis hingga Pejabat Daerah  Politikus Gerindra Desmond J Mahesa Meninggal Dunia MK Tetapkan Pemilu 2024 Pakai Sistem Proporsional Terbuka, Waspadai Politik Uang  Pembangunan Tahap II Masjid Agung Ats Tsauroh Ditarget Rampung 2023

Kesehatan · 1 Des 2022 19:33 WIB ·

Fakta atau Mitos Makan Telur Bisa Bikin Bisul?


 Ilustrasi. Sumber : pixabay.com Perbesar

Ilustrasi. Sumber : pixabay.com

TIRTAYASA.ID – Telur menjadi salah satu makan yang memiliki sumber protein yang tinggi. Hampir setiap orang suka makan telur sebagai menu utama sampai pelengkap saat makan.

Tapi, kamu mungkin sering dengar stigma orang-orang yang mengatakan, jika makan telur bisa bikin bisulan. Tapi benarkah stigma tersebut?

Ahli gizi dari Universitas Gadjah Mada, Ulva Rezatiara, S.Gz., MPH, pun menjelaskan soal stigma tersebut yang dimana belum ada penelitian yang mendukung soal stigma tersebut.

BACA JUGA   Rekomended, 4 Tips Memilih Kaos Brand Lokal

“Belum ada penelitian yang mendukung hal tersebut, sehingga anggapan kebanyakan telur akan menyebabkan bisulan adalah mitos,” ujar Ulva

Meski begitu, Ulva tidak memungkiri jika konsumsi telur pada orang yang alergi telur, bisa menimbulkan reaksi seperti gatal-gatal dan bisul di kulit.

Bisul juga dapat timbul akibat kontak langsung dengan cairan bisul dari penderita bisul.

BACA JUGA   Ini 5 Lagu Nike Ardilla Yang Populer di Kalangan Milenial

Kemudian, kebersihan tubuh enggak terjaga, kekebalan tubuh lemah, dan kebiasaan mencukur bulu atau rambut.

Penyajian Telur

Telur enggak memululu disantap dalam keadaan matang. Tapi ada juga masyarakat yang terbiasa makan telur mentah seperti di Jepang. Salah satu menu itu adalah tamago kake gohan.

Menu itu disajikan dengan telur mentah diletakkan di atas nasi, kemudian dicampurkan bersamaan menambah sedikit kecap shoyu.

BACA JUGA   Kamu LDR? Berikut 5 Cara Menjaga Hubungan Tetap Langgeng

Menurut Ulva, telur mentah boleh saja dikonsumsi, jika memang kualitasnya sudah terjamin. Telur yang boleh dikonsumsi mentah adalah telur yang masih segar, bukan telur yang sudah lama disimpan, serta bersih.

“Dan telur sudah dalam keadaan pasteurisasi, telur sudah disterilisasi,” katanya.

Kalau kualitas telur enggak terjamin, ada risiko infeksi bakteri dan virus seperti salmonella, diare, keracunan, bahkan gangguan pada janin jika yang mengonsumsi telur mentah adalah ibu hamil.

BACA JUGA   Anda Ragu Memulai Bisnis? Ikuti 4 Langkah Ini

Cara mengolah telur

Ulva menjelaskan, kandungan gizi telur yang diolah, sedikit berkurang dibandingkan telur mentah, Tapi kandungannya enggak jauh berbeda, kok.

Sehingga, ia menyarankan agar telur dikonsumsi dalam keadaan matang.

Cara pengolahannya tergantung dari selera tiap individu, entah itu direbus, dipanggang, atau digoreng.

Namun, ia menyarankan untuk memasak dengan api sedang, agar kandungan gizi enggak banyak berkurang akibat proses pemanasan.

BACA JUGA   Sering Lupa, Ini 3 Tips Menjaga Kesehatan Mata

Putih telur

Nah, buat kamu yang sedang menurunkan berat badan, ada kalanya putih telur menjadi bagian dari menu sehari-hari. Menurut Ulva, menyantap putih telur boleh-boleh saja, asal enggak berlebihan. Sebab, kelebihan konsumsi telur bisa menyebabkan konstipasi.

“Putih telur tidak mengandung cukup serat. Kelebihan asupan protein yang dapat memperberat kinerja ginjal, dan tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan alergi,” tuturnya.

Sementara itu, mengonsumsi putih telur yang masih mentah secara berlebihan, dapat mengganggu penyerapan vitamin B.7. Sebab, terdapat kandungan avidin pada telur mentah, yang bisa mengikat vitamin B.7. (*)

Artikel ini telah dibaca 99 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tujuh Manfaat Bangun Pagi untuk Kesehatan

3 Juni 2024 - 08:22 WIB

3M-Plus Cara Efektif Cegah Demam Berdarah 

30 Mei 2024 - 09:02 WIB

7 Tips Memilih Mobil Tua

29 Mei 2024 - 08:12 WIB

Banten Creative Festival Konsisten Pasarkan Clothing Brand Lokal, Diskon Sampai 80 Persen

1 April 2024 - 12:46 WIB

Berikut Berbagai Layanan JKN Selama Libur Lebaran 2024 

20 Maret 2024 - 14:45 WIB

Tujuh Manfaat Puasa Ramadhan untuk Kesehatan 

11 Maret 2024 - 12:34 WIB

Trending di Kesehatan