Lapmi Cabang Serang Diminta Aktif Memberikan Edukasi Masyarakat Lewat Literasi

0

TIRTAYASA.ID, SERANG – Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfosatik) Kabupaten Serang Anas Dwisatya Prasada meminta pers mahasiswa aktif mengedukasi masyarakat melalui meningkatkan literasi di masyarakat. 

Demikian disampaikan Anas saat menghadiri pelantikan pengurus Lembaga Pers Mahasiswa Islam (Lapmi) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Serang di Aula Tb Suwandi, Pemkab Serang, Sabtu (18/9).

Anas mengatakan, pihaknya mendukung semangat Lapmi untuk membudayakan literasi di masyarakat. Kemudian, juga memberikan kontribusi positif kepada masyarakat melalui literasi media.

“Kami mengapresiasi langkah LAPMI Cabang Serang, langkah ini juga dilakukan oleh Pemkab Serang dengan gencar melakukan literasi digital kepada masyarakat langsung, jadi hal ini sejalan,” ujarnya.

Anas meminta, mahasiswa dapat bersinergi dengan pemerintah daerah mendorong meningkatkan literasi di masyarakat. “Peran Mahasiswa, sangat dibutuhkan sebagai agen perubahan. Nah, salah satunya melalui gerakan literasi,” katanya. 

Direktur Utama Lapmi HMI Cabang Serang, Fatur Rohman Algofiki mengatakan, Lapmi merupakan lembaga profesi HMI Cabang Serang yang berfungsi sebagai pengembangan kompetensi kader HMI di bidang Jurnalistik.

“Sebagai lembaga keprofesian, Lapmi bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan kreativitas keilmuan, intelektualitas, dan profesionalitas kader HMI di bidang Jurnalistik,” ujarnya.

Dikatakan Fatur, di era digital saat ini akan menjadikan peluang bagi LAPMI selain aktif  menghasilkan pemberitaan tetapi sarana untuk edukasi literasi media bagi masyarakat. 

“Ini menjadi peluang bagi LAPMI untuk bisa berkontribusi di masyarakat, LAPMI juga mendorong untuk pentingnya literasi media di masyarakat,” katanya.

“Melalui semangat literasi media yang dilakukan LAPMI, ini menjadikan masyarakat menjadi kritis, peka terhadap informasi dari media massa, serta mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas intelektual masyarakat khususnya kader HMI,” tambah mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Untirta itu.

Ketua Umum HMI Cabang Serang, Faisal Dudayef Payumi Padma berharap Lapmi berkolaborasi bersama semua pihak menciptakan konten yang mampu mencerdaskan masyarakat.

“Masyarakat tidak jarang mengkonsumsi pemberitaan secara mentah-mentah, artinya tidak melalui filter sehingga mudah sekali terkena Hoax,” ujarnya. (rls)