Karya Bakti TNI Menata Pasar Induk Rau

0
Walikota Serang, Syafrudin dan jajaran Forkopimda Kota Serang saat meninjau penataan melalui kegiatan Karya Bakti TNI, Rabu (19/8). (Ist)

TIRTAYASA.ID – SERANG. Wali Kota Serang Syafrudin bersama ketua DPRD Kota Serang Budi Rustandi dan Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta instansi terkait mengecek langsung pelaksanaan karya bakti yang dilaksanakan oleh Kodim 0602/Serang di Pasar Induk Rau yang dilaksanakan sejak tanggal 13 Agustus lalu.

Wali Kota Serang Syafrudin menyampaikan bahwa, suasana Pasar Induk Rau saat ini sudah berbeda dengan sebelumnya. Dimana para Pedagang Kaki Lima (PKL) sudah tidak berjualan di sepanjang jalan lingkar Pasar Induk Rau. 

“Karya bakti ini selain melakukan membersihkan sampah, juga menertibkan PKL. Alhamdulilah keadaannya sudah berbeda dengan bulan kemarin,” kata Syafrudin kepada awak media.

Kemudian selain meninjau langsung karya bakti, Wali Kota Serang juga ingin bertemu dengan pengelola Pasar Induk Rau yakni PT Pesona Banten Persada. Akan tetapi, pimpinannya berhalangan hadir padahal pihaknya akan melakukan evaluasi kinerja PT Pesona Banten Persada terkait Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang berkaitan kerja samanya. 

“Kami akan jadwalkan ulang dalam rangka perbaikan PAD, kemudian penataan Pasar Induk Rau,” jelasnya.

Sedangkan untuk PAD sendiri, lanjut Syafrudin, didalam surat MoU kerja sama sudah jelas bahwa Pemkot Serang akan menerima 20 persen dari penghasilan. Kemudian, keadaan saat ini dari laporan OPD terkait bahwa perbulan hanya Rp 15 juta yang disetorkan untuk PAD Kota Serang. 

“Jadi sangat jauh sekali yang disetorkan, kalau itung-itungan dari parkir saja yang kita pihak ketigakan Rp 1,5 miliar setahun, itu belum pengelolaan yang lain, belum salaran. Itu masih jauh yang setoran yang dilakukan PT Pesona Banten Persada,” katanya.

Langkah ke depan, Pemkot Serang akan mengundang PT Pesona Banten Persada untuk membahas hal tersebut.

“Kalau one prestasi atau ada kesalahan yang lain akan ada pembahasan bersama,” jelasnya. (rls)