Jadi Minuman Primadona saat Ramadan, Siapa Pemilik Sirup Marjan?

0
Ilustrasi

TIRTAYASA.ID – Jadi primadona masyarakat di tengah Ramadan. Iklan Sirup Marjan yang jor-joran di stasiun televisi. Menampilkan berbagai varian rasa menggugah selera. Sebenarnya siapa sih pendiri sirup Marjan?

Berdasarkan sumber informasi yang tersedia di berbagai laman website. Sirup Marjan produksi oleh PT Suba Indah yang merupakan perusahaan makanan dan pangan berdiri sejak 1975. 

PT Suba Indah didirikan M. Kurnia, pendiri Hero Supermarket, didasari keinginan mengurangi impor makanan dan minuman dan menyerap tenaga kerja. 

Sirup Marjan Muncul, Bulan Ramadan Telah Dekat?

Pemilik akhirnya bekerjasama dengan Co-Ro Food Company asal Denmark untuk membuat minuman sari buah, kemudian dikenal sebagai Sunquick. Produk ini adalah produk pertama Suba Indah yang diproduksi pada tahun 1978.

Marjan pun tercipta dengan tetap memproduksi Sunquick. Di tambah lagi dengan sosis Farm House. Pada tahun 1991, perusahaan mulai mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia. Sayangnya perusahaan tersebut harus didelisting pada tahun 2008.

Kiprah Haji Embay Nahkoda PB Math’laul Anwar 2021-2026

Pada perjalanannya, kepemilikan saham berubah. Perusahaan kemudian dipegang oleh keluarga Tjokrosaputro dengan Benny Tjokrosaputro sebagai komisaris dan Teddy Tjokrosaputro sebagai direksi.

Pada masa tersebut, perusahaan berancang untuk masuk ke produksi dan pengolahan jagung bahkan disebut sebagai yang terbesar se-Asia Tenggara. Perusahaan ini pun pada tahun 2002 melepas unit bisnis produsen makanan dan minuman di atas ke Lasallefood Indonesia. (red)