HUT TNI Ke-75, Kodim 0601 Pandeglang Lakukan Penghijauan

0

TIRTAYASA.ID, PANDEGLANG – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Ke 75 dan Guna mengantisipasi banjir saat memasuki musim penghujan, Kodim 0601 Pandeglang bekerja sama dengan PT Mayora dan Perhutani menanam ribuan pohon di Desa Juhud, Kecamatan Karang Tanjung, Kabupaten Pandelang, Rabu (23/9).

Acara dengan menerapkan standar Protokol Kesehatan di masa pandemi Covid-19 dihadiri Komandan Resort Militer 064 Brigjen (TNI) Gumuruh Winardjatmiko, Komandan Distrik Militer 0601 Pandeglang, Perhutani, Mayora, Forkopimcam, Kajari, Kepala Desa Juhud, LMDH Ds. Juhud dan seluruh tokoh serta elemen masyarakat. 

Dandim 0601 Pandeglang Letkol Kav. Dedi Setiadi mengatakan, penanaman pohon Pala upaya menjaga hutan yang ada di wilayah Banten agar tetap subur dan hijau, dan wujud Kampanye Indonesia Hijau, Bersih, Sehat, Rapi dan Indah, khususnya di wilayah Kabupaten Pandeglang.

“Setelah melakukan penanaman ini, mari kita bersama-sama menjaga, merawat dan melestarikannya sehingga hutan akan berfungsi dan memberikan manfaat bagi kehidupan manusia terutama untuk anak cucu kita kedepan,” ujarnya. 

“Ditambah pemilihan pohon pala ini diharapkan dapat memberikan manfaat dalam waktu dekat dengan menuai buahnya sebagai bahan rempah-rempah,” tambahnya. 

Sementara Danrem 064 Brigjen (TNI) Gumuruh Winardjatmiko, dalam sambutannya menyampaikan pesan untuk dapat menjaga dan merawat fungsi hutan, karna hutan merupakan sumber kehidupan.

“Kegiatan ini memang dalam rangka HUT TNI, Giat penghijauan ini selain fungsi pelestarian terhadap alam juga merupakan warisan buat anak cucu kita, menjaga alam merupakan upaya kita menjaga kita sendiri,” katanya.

“Peran aktif hari ini bukti nyata dari sinergitas antara beberapa unsur seperti TNI, Polisi, Mayora Group, LMDH, masyrakat, kegiatan positif ini harus terus dijaga,” tambahnya. 

Sementara itu, Perwakilan PT Mayora, Intan Rionita Latif mengatakan, penghijauan dilakukan dalam bentuk kepedulian pihaknya kepada alam yang ada di Banten terutama di Pandeglang yang saat ini masih hijau.

“Peran Mayora di kegiatan ini adalah 3000 pohon pala ini merupakan bukti Kami peduli dengan alam,” katanya.

“Ayo kita tanam pohon walau hanya satu, alam kita menjadi sumber kekayaan kita yang harus kita jaga, kita rawat dan kita wariskan kepada anak cucu kita,” terangnya. (rls)