GMNI Serang Komitmen Kawal Demokrasi

0
Ketua DPC GMNI Cabang Serang, Armand Maulana Rachman saat menyerahkan pendaftaran pemantau Pemilu kepada Komisioner KPU Kabupaten Serang, Zaenal Muttaqin, Kamis (20/8). (Ist)


TIRTAYASA.ID-SERANG. Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Serang mendaftarkan diri menjadi pemantau pemilu kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang.

Ketua DPC GMNI Serang Armand Maulana Rachman mengatakan, Pemilihan kepala daerah Kabupaten serang sudah memasuki tahapan persiapan Pilkada, tentu pilkada ini menjadi hajat bagi seluruh masyarakat Kabupaten Serang. 

“Dalam pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020 ini juga DPC GMNI Serang berkomitmen dan coba mengambil peran sebagai pemantau pemilu sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum nomor 8 Tahun 2017,” ujarnya melalui rilis kepada awak media, Kamis (20/8). 

Kata Armand, sebagai organisasi mahasiwa dan pemuda yang peduli akan penjalanan demokrasi dan pemilu tentu ini penting untuk DPC GMNI Serang mengawal Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Serang yang akan disenggrakan pada 9 Desember 2020. 

“Adanya Pemantau pemilu Independe partisipasi masyarakat dalam pengawal penjalanan pilkada,” katanya. 

Sementara itu, Komisioner KPU Kabupaten Serang, Zaenal Muttaqin mengatakan, demokrasi di negara ini adalah demokrasi elektoral, maka kelompok mahasiswa yang dikatakan kaum intelektual dan akademis harus turut serta dalam pembangunam demokrasi.

“Kami sebetulnya berharap organisasi mahasiswa ada lagi yang mendaftar sebagai pemantau pemilihan tahun 2020,” katanya. 

Tentu saja, kata Zaenal hal ini bagus untuk pembangunan demokrasi, karena jika banyak kelompok mahasiswa yang mendaftarkan diri sebagai pemantau maka pemilihan bupati dan wakil bupati Serang tahun 2020 berharap dapat berjalan dengan demokratis dan terpantau oleh banyak kalangan aktivis, sehingga publik bisa menilai baik atau tidaknya hasil pemilihan 2020. (rls)