Gaya Rano Alfath Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan

0
Anggota MPR RI, Rano Alfath foto bersama usai Sosialiasi Empat Pilar Kebangsaan, Sabtu (5/9). (Ist)

TIRTAYASA.ID, TANGERANG – Anggota DPR RI Moh Rano Alfath menyosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan Indonesia ke kalangan pemuda melalui bersepeda santai atau funbike, di Karawaci Kota Tangerang, Sabtu (5/9).

Kegiatan ini berbeda dan unik dari Kegiatan Sosialisasi Empat Pilar oleh anggota Badan Pengkajian MPR RI . Alih-alih mengadakan acara sosialisasi di gedung atau ruangan tertutup, Rano justru mengajak peserta bersepeda santai atau funbike sebelum sesi sharing dan diskusi santai seputar Empat Pilar yang menjadi fondasi kebangsaan Republik Indonesia. 

Salah satu tugas MPR-RI adalah mengedukasi masyarakat mengenai Empat Pilar Kebangsaan Indonesia: Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD 1945 dan Ketetapan MPR sebagai konstitusi negara; NKRI sebagai bentuk negara; dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara ke berbagai elemen masyarakat. 

Menurut politikus muda Banten itu funbike diperlukan, karena masyarakat perlu meningkatkan kesehatan dan stamina selama pandemi yang melanda Indonesia. Tentunya rangkaian acara tersebut dilakukan dengan protokol kesehatan ketat yang berlaku. 

“Dengan bersepeda kita bisa menghirup udara segar sambil tepapar mentari pagi yang sehat, dibandingkan seminar di ruangan tertutup dengan sirkulasi udara yang minim,” kata Rano. 

Anggota Komisi III DPR-RI ini menjelaskan Empat Pilar ini adalah soko guru atau fondasi untuk kekokohan kehidupan berbangsa Indonesia. Keempatnya telah teruji melalui sejarah panjang bangsa yang kita cintai ini. 

“Saya berpesan ke masyarakat khususnya anak anak muda ini untuk menjaga toleransi dan menerapkan nilai-nilai Empat Pilar ketika pandemi, seperti menggunakan masker dan menjaga jarak. Karena dengan begitu, kita sudah menghormati orang lain,” kata Politikus PKB. (rls)