Menu

Mode Gelap
KPU Tetapkan Tiga Paslon Capres dan Cawapres Pemilu 2024 Kemeriahan Puncak Dies Natalis UPG ke-3, Dihadiri Artis hingga Pejabat Daerah  Politikus Gerindra Desmond J Mahesa Meninggal Dunia MK Tetapkan Pemilu 2024 Pakai Sistem Proporsional Terbuka, Waspadai Politik Uang  Pembangunan Tahap II Masjid Agung Ats Tsauroh Ditarget Rampung 2023

Ekonomi · 23 Apr 2024 20:56 WIB ·

Pengelola Tol Astra Infra Layani 6,6 Juta Pemudik Lebaran Tahun 2024


 Pengelola Tol Astra Infra Layani 6,6 Juta Pemudik Lebaran Tahun 2024 Perbesar

TIRTAYASA.ID, JAKARTA – Antusiasme masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik lebaran ke kampung halaman turut mendorong peningkatan mobilitas masyarakat pada periode tersebut.

Astra Infra sebagai penyedia layanan infrastruktur publik, khususnya jalan tol, senantiasa berkomitmen mendukung pemerintah menyukseskan momen penting tersebut.

Berkat upaya dari berbagai pihak, pemerintah menyatakan arus mudik dan balik lebaran tahun ini dapat berjalan baik.

Group Chief Executive Officer Astra Infra, Firman Yosafat Siregar menyampaikan apresiasinya atas kerjasama seluruh stakeholders terkait pada periode mudik lebaran tahun ini.

“Kami menyampaikan apresiasi kepada seluruh stakeholders seperti Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, Korlantas Polri, serta berbagai pihak lain yang telah menjalin sinergi dan koordinasi dengan baik, sehingga penyelenggaraan layanan arus mudik dan balik tahun ini dapat berjalan dengan baik,” ujar Firman Yosafat Siregar, melalui siaran pers, Selasa 23 April 2024.

“Kami akan terus berkomitmen untuk mendukung pemerintah mewujudkan layanan infrastruktur berkelanjutan yang aman dan nyaman untuk masyarakat,” tambah Firman.

Kata dia, secara total, sekitar 6,6 juta kendaraan sudah memanfaatkan ruas tol Astra Infra di Tangerang – Merak, Cikopo-Palimanan, dan Jombang-Mojokerto selama periode arus mudik dan arus balik lebaran sejak 31 Maret hingga 21 April 2024.

Secara total, angka volume lalu lintas pada periode arus mudik dan balik 2024 meningkat 0,1 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun 2023 lalu.

Sejalan dengan data yang disampaikan Korps Lalu Lintas Polri terkait penurunan tingkat kecelakaan dan tingkat fatalitas pada arus mudik dan balik tahun ini, secara akumulasi, ketiga ruas tol Astra Infra pun turut mencatatkan penurunan jumlah kecelakaan sebesar 46 persen, dan penurunan jumlah fatalitas sebesar 50 persen, dibandingkan dengan periode arus mudik dan balik lebaran 2023.

“Kami memberikan apresiasi kepada seluruh pengguna jalan yang telah memanfaatkan ruas tol Astra Infra pada perjalanan mudik tahun ini,” katanya.

“Kami akan terus berusaha melakukan evaluasi dan peningkatan kualitas layanan, agar penyelenggaraan mudik lebaran tahun berikutnya dapat berjalan lebih baik setiap tahunnya,” tambah Group Chief Operating Officer Astra Infra, Billy Perkasa Kadar.

BACA JUGA   Pertemuan Jokowi dan Elon Musk Tingkatkan Potensi Investasi

Sebagai salah satu bentuk apresiasi, Astra Infra memberikan diskon tarif tol selama periode lebaran 2024 di ruas tol Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan, dan Jombang-Mojokerto, yang berlaku sebesar 20 persen pada Rabu 3 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga Jumat 5 April 2024 pukul 05.00 WIB untuk arus mudik.

Sedangkan untuk arus balik, diskon 20 persen diberikan pada Rabu, 17 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga Jumat, 19 April 2024 pukul 05.00 WIB. Secara akumulasi, tercatat sekitar 900 ribu kendaraan memanfaatkan diskon tersebut.

Di Astra Infra Toll Road Tangerang–Merak sejak 31 Maret hingga 21 April 2024, total sekitar 3,2 juta kendaraan telah melintas di ruas tol Tangerang-Merak.

Pada periode lebaran 2024, ruas tol Tangerang – Merak mencatatkan penurunan jumlah kecelakaan secara signifikan sebesar 92 persen dibandingkan pada periode lebaran 2023.

Adapun tingkat fatalitas juga mengalami penurunan, dengan catatan 0 persen fatalitas (zero fatality) di tahun 2024. Selain itu, di Astra Infra Toll Road Cikopo–Palimanan, tercatat sekitar 2,2 juta kendaraan melintas 31 Maret hingga 21 April 2024.

Pada periode tersebut, tercatat terjadi penurunan jumlah fatalitas sebesar 30 persen di ruas tol Cikopo – Palimanan, jika dibandingkan dengan periode lebaran 2023.

Adapun di Astra Infra Toll Road Jombang–Mojokerto, secara akumulatif, sejak 31 Maret hingga 21 April 2024, total sekitar 1,1 juta kendaraan telah melintas. Pada arus mudik dan balik tahun ini, ruas tol Jombang – Mojokerto mencatatkan penurunan jumlah kecelakaan sebesar 64 persen dibandingkan periode yang sama di tahun 2023, dengan tingkat fatalitas 0 persen (zero fatality).

Sejalan dengan semangat mendukung terwujudnya infrastruktur yang berkelanjutan di Indonesia, Astra Infra berkomitmen memberikan layanan terbaik untuk pengguna jalan, termasuk pada momen mudik lebaran.

BACA JUGA   Tujuh Manfaat Puasa Ramadhan untuk Kesehatan 

Pada penyelenggaraan tahun ini, Astra Infra menyiapkan kesiapan infrastruktur jalan, penyiagaan lebih dari 1.300 petugas yang dilengkapi armada patroli, derek, rescue, hingga ambulance, kesiapan sarana prasarana di rest area, dan pengaturan rekayasa lalu lintas.

Astra Infra juga melakukan koordinasi intensif dengan pihak terkait seperti Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, dan Korlantas Polri.

Melalui kampanye Lebaran Penuh Makna, Astra Infra turut memberikan pengalaman perjalanan mudik yang lancar, aman, dan nyaman dalam rangka mendukung kemajuan infrastruktur bangsa untuk hari ini dan masa depan Indonesia, sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia. (rls)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

UNIPI dan Universitas Banten Teken Perjanjian Pendirian Tax Center

9 Juni 2024 - 10:18 WIB

Lima Manfaat Thinner Cat

1 Juni 2024 - 08:03 WIB

6 Tips Cara Memilih Rumah Bersubsidi

28 Mei 2024 - 17:00 WIB

Astra Tol Tangerang-Merak Canangkan Mini Forest di area Jalan Tol

26 April 2024 - 16:40 WIB

Jalan Tol Tangerang Merak mulai Serang Barat hingga Cilegon Timur akan Dilebarkan Jadi 3 Lajur

25 April 2024 - 16:31 WIB

Hadapi Lebaran Perdana, Kereta Cepat Whoosh Angkut Lebih dari 200 Ribu Penumpang

24 April 2024 - 18:57 WIB

Trending di Ekonomi