Bupati Irna Minta Puskesmas Sosialisasi PTM

0

TIRTAYASA.ID – PANDEGLANG. Bupati Pandeglang, Irna Narulita menilai sosialisasi penyakit tidak menular (PTM) sangat penting dilakukan oleh  promosi kesehatan (Promkes) agar masyarakat memahami dampak yang disebabkan PTM.

Hal tersebut disampaikan Bupati Irna, di Desa Sukamaju, Kecamatan Labuan Rabu (12/8).

Irna menjelaskan, PTM saat ini trendnya terus meningkat, hal ini disebabkan karena pola makan yang kurang baik. Dengan adanya sosialisasi PTM oleh promkes, masyarakat akan dapat memilih makanan yang tepat untuk dikonsumsi. 

“Sekarang penyakit diabetes, jantung, kolesterol banyak diderita oleh masyarakat. Hal ini karena pola makanan yang kurang baik, disinilah fungsinya Puskesmas untuk membuat program khususnya bagi lansia,” ujarnya.

Promosi Kesehatan (Promkes) Puskesmas Labuan, Irta Lubis mengatakan, kegiatan Pos Lansia dilakukan setiap bulan sekali ditiap desa untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan. 

“Kalau turun kedesa kita lakukan sebulan sekali untuk pengecekan, dari mulai tensi darah, gula darah, berat badan, dan kolesterol. Tindak lanjut dari pengecekan ini masyarakat akan mengambil obat di Puskesmas,” ujarnya. (ant)